Mudik Lebaran

Asik, Program Mudik Gratis Dari Pemkab Sumenep Untuk Warga Kepulauan

Reporter : -
Asik, Program Mudik Gratis Dari Pemkab Sumenep Untuk Warga Kepulauan
Penumpang Mudik Gratis Menuju Pulau Masalembu menggunakan Kapal Sabuk Nusantara 92, Rabu (19/4/2023)

Sumenep, JatimUPdate.id,- Program Mudik Gratis Dari Pemkab Sumenep Untuk Warga Kepulauan. Warga kepulauan Sumenep bisa menikmati program mudik gratis menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Program mudik gratis sudah dimulai sejak tanggal 12 April 2023 Dengan Tujuan awal pulau kalianget-Masalembu menggunakan KM Sabuk Nusantara 92

Baca Juga: Terinspirasi Sapi, Khofifah Resmikan Pelabuhan Dungkek dan Gili Sumenep

“Kegiatan ini dimulai pada Rabu (12/4/2023) dengan mudik gratis pertama rute Kalianget-Pulau Masalembu-Pulau Karamaian,” kata Bupati Sumenep, Ahmad Fauzi, Jumat (14/4/2023).

“Total penumpang yang memanfaatkan kapal mudik gratis (Red.Tujuan Masalembu) ini sebanyak 430 orang dewasa dan 3 penumpang anak, mereka adalah penumpang tujuan Masalembu dan Masalima,” terang Fauzi

Untuk warga pulau yang lain juga bisa menikmati mudik gratis sesuai jadwal yang di buat oleh pemkab. Warga pulau Kangean menggunakan KM Dharma Bahari Sumekar III, Pulau Raas Menggunakan KM Dharma Kartika, Pulau Sapudi menggunakan KM Wicitra Dharma I dan Pulau Sapeken menggunakan KM  Sabuk Nusantara

Baca Juga: Sukses Gelar Pleno DPSHP, PPK Pulau Masalembu Jamin Hak Konstitusional Warga Kepulauan

Cukup bermodalkan FC KTP/KK warga mendaftrakan diri di loket karcis penumpang yang telah disiapkan oleh operator di tiap-tiap pelabuhan pemberangkatan (Jangkar, Kalianget, Tanjung wangi, Sapeken).

Layanan mudik gratis melalui jalur laut dari Pelabuhan Kalianget ini, merupakan program pemkab sumenep yang diadakan setiap tahun. Tujuannya untuk mempermudah masyarakat kepulauan yang ingin pulang kampung.

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat Sumenep, termasuk yang ada di kepulauan,” kata Fauzi.

Baca Juga: Polres Ngawi Diapresiasi Warga Dan Tokoh Masyarakat Selama Operasi Ketupat Semeru 2023

Selain melalui jalur laut, tahun ini Pemkab Sumenep juga menyediakan program layanan mudik gratis melalui jalur darat yaitu dari Jakarta ke Sumenep.

“Tahun ini yang baru itu dari Jakarta ke Sumenep. Kami menyediakan rute ini, karena warga Sumenep yang bekerja di Jakarta cukup banyak. Jadi mereka bisa mudik dengan bus gratis ke Sumenep,” jelas Fauzi. (yah)

 

Editor : Nasirudin