TPP Malang Tuntaskan Target Data Dan Pemutahiran IDM 2023 Di Wilayah Lereng Gunung Kawi dan Bromo

Reporter : -
TPP Malang Tuntaskan Target Data Dan Pemutahiran IDM 2023 Di Wilayah Lereng Gunung Kawi dan Bromo
TPP Wilayah Lereng Gunung Bromo menggelar Rakor pada Selasa, (22/05/2023).

Pakisaji, Malang,- Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Malang semakin serius melakukan koordinasi tingkat wilayah, setidaknya TPP Wilayah Lereng Gunung Bromo (03) dan TPP Lereng Gunung Kawi (02) menggelar Rakor pada Selasa, (22/05/2023) dan Rabu, (23/05/2023).

Pada pekan lalu, dua wilayah TPP yaitu Wilayah Selatan (04) dan Wilayah Barat (01) juga melakukan Rakor di areal tugas kewilayahannya.

Baca Juga: 183 Kepala Desa Di Bondowoso terima SK Perpanjangan Masa Jabatan 2 Tahun

Koordinator Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Malang, Winartono menyatakan upaya membangun dan memperkuat tim TPP di wilayahnya yang meliputi 33 kecamatan dengan 378 desa terus dilakukan dengan sistemik khususnya terkait konsolidasi tim.

"Alhamdulillah, dalam dua pekan ini sudah ada 4 wilayah atau sekitar 26 kecamatan yang telah melakukan Rakorwil [Rakor Wilayah], hari ini [Rabu, 23/05] wilayah lereng Gunung Kawi. Kemarin wilayah lereng Gunung Bromo juga rakor. Pada Selasa pekan lalu [15/05] dua wilayah yaitu Malang Selatan dan Malang Barat juga tuntas rakorwil. InsyaAllah pad Jumat lusa [26/05] wilayah Kepanjen dan sekitarnya akan rakorwil," kata Winartono saat memberikan sambutan di Rakorwil TPP Lereng Gunung Kawi di wisata Jambe Klopo Doyong, Desa Genengan, Kec. Pakisaji, Rabu (23/05/2023).

Winartono mendorong terus agar setiap TPP secara rutin melakukan koordinasi dan selalu tiada henti meningkatkan kapasitas diri.

"Semua tugas berdesa dan berdata mesti bisa dilakukan secara serius dan bertahap, serta mesti ada pembagian tugas secara tim dengan baik, sehingga beban tugas dapat diatasi secara simultan," kata Winartono  yang didampingi 5 TA PM lainnya yaitu Esti Pratiwi, Hendro, Hendri Khairudin, Faesal dan Yuristiarso.

Secara khusus Winartono akan memberikan apresiasi kepada tim TPP Kecamatan yang berdata secara cepat dan tuntas.

"Apresiasi ini berlaku untuk sejumlah PIC khususnya data yang saat ini sedang diburu untuk segera dituntaskan. Apresiasi juga untuk TPP yang kecamatan dampingannya paling cepat menuntaskan semua desanya dalam proses input data IDM [Indeks Desa Membangun] tuntas 100%," tegasnya.

TPP Wilayah Lereng Gunung Kawi (02) menggelar Rakor pada Rabu, (23/05/2023).TPP Wilayah Lereng Gunung Kawi (02) menggelar Rakor pada Rabu, (23/05/2023).

Baca Juga: Serahkan SK Perpanjangan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi Ajak Kepala Desa Wujudkan Desa Mandiri

Rakor Lereng Bromo

Sementara itu dalam rakor di Lereng Gunung Bromo yang diikuti oleh TPP Kecamatan Poncokusumo, Lawang, Jabung, Dampit, Wajak, Tumpang, Tajinan maupun rakor lereng Gunung Kawi yang terdiri atas kec. Kalipare, Sumberpucung, Kromengan, Wonosari, Ngajum, Pakisaji dan Pakis, semua TA PM memberikan materinya, seperti Esti Pratiwi memberikan materi progres BUMDesa, Hendri mengisi materi penyelesaian masalah, peningkatan kapasitas, stunting.

Hendro mengisi tentang proses pengisian data BNBA serta siklus perencanaan, Faisal mengisi tentang data monev DD, sarpras dan non sarpras. Yuristiarso memberikan materi ketahanan pangan dan IDM.

Koordinator TA PM Wilayah Lereng Bromo, Faesal memberikan titik kritis agar pengisian data bisa dilakukan secara bertahap dan diupayakan bisa dicicil.

Baca Juga: Kades Bangelan Optimis Kawasan Kebun Kopinya akan jadi Herritage Dunia

"Berdata mesti dilakukan secara bertahap agar tidak menjadi beban. Upayakan semuanya dikerjakan bersama tim agar bisa lebih mudah menuntaskannya. Alhamdulillah prosesi up loading data APBDesa bisa dituntaskan dengan seksama, ini kerja bersama yang luar biasa menunjukkan TPP Kab. Malang kompak," kata Faesal saat memberikan materi pada Rakor TPP Wilayah Lereng Bromo di Wisata Gentong Mas, Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, Kab. Malang, Selasa (22/05/2023).

Faesal menyatakan rakor wilayah bulan depan akan diselenggarakan di Kec. Dampit. Sedangkan Rakor Wilayah Lereng Gunung Kawi bulan Juni 2023 akan dilaksanakan di Kecamatan Kalipare. (HD)

Editor : Nasirudin