Terbukti Melakukan Tindak Pidana, Eeh hukumannya Malah Dikurangi 1 Tahun

oleh : -
Terbukti Melakukan Tindak Pidana, Eeh hukumannya Malah Dikurangi 1 Tahun
Brigjen Prasetijo Utomo

JAKARTA(JATIMUPDATE.ID)-Kendati dinyatakan terbukti secara sah dan menyakinkan menyuruh memalsukan surat, Mahkamah Agung (MA) memangkas hukuman mantan Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri, Brigjen Pol Prasetijo Utomo menjadi 2,5 tahun. Putusan itu diambil oleh tiga hakim yaitu Dwiarso Budi Santiarto, Jupriyadi dan Eddy Army di tingkat peninjauan kembali (PK).

“Menyatakan terpidana Prasetijo Utomo secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana ‘Menyuruh melakukan pemalsuan surat secara berlanjut dan setelah melakukan kejahatan dengan maksud menutupinya, menghancurkan benda-benda dengan mana tindak pidana dilakukan secara bersama-sama’,” sebut Juru Bicara MA Andi Samsan Nganro dalam keterangannya, Senin (25/4/2022).
“Menjatuhkan pidana oleh karena itu dengan penjara selama 2 tahun dan 6 bulan,” kata dia. Dikutip dari website resmi MA, putusan diambil pada 12 April 2022. Sebelumnya di tingkat pertama, Prasetijo divonis 3 tahun penjara karena terbukti terlibat dalam perkara terpidana cessie Bank Bali, Djoko Tjandra. Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada akhir 2020 menyatakan Prasetijo terbukti melakukan pemalsuan surat, membiarkan terpidana melarikan diri dan menghalangi penyidikan perkara. Tak hanya itu, ia juga dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana korupsi penerimaan suap senilai 100.000 dollar Amerika Serikat untuk menghapus red notice Djoko Tjandra.
Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) menjatuhkan vonis penjara padanya selama 3 tahun dan 6 bulan. Diketahui Prasetijo pun mengajukan PK untuk perkara korupsinya. Namun tiga hakim MA yaitu Gazalba Saleh, Agus Yunianto, dan Sri Murwahyuni memutuskan menolak PK tersebut pada 9 Maret 2022. (Yok)