Antrean KTP Capai 26 Ribu, Buleks Dorong Lakukan Migrasi ke Digital

Editor : -
Antrean KTP Capai 26 Ribu, Buleks Dorong Lakukan Migrasi ke Digital
Budi Leksono

Jatimupdate.id - Antrean pembuatan dan pencetakan Kartu Tanda Penduduk KTP Elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) mencapai puluhan ribu. Berdasarkan data yang dipeoleh Budi Leksono (Buleks) Sekretaris Komisi A DPRD Surabaya, antrian tersebut mencapai 26 ribu.

Untuk meminimalisir antrean itu, ia mendorong perlu dilakukan migrasi ke KTP Digital, pemkot lakukan jemput bola, karena canggihnya tekonologi, harus didukung kemudahan akses masyarakat.

"Supaya pencatatan warga negara tidak mengalami kendala." ujar Buleks kepada wartawan.

Buleks menegaskan, inovasi percepatan pencatatan warga negara, melalui sistem  aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), yang diluncurkan ditjen dukcapil kemendagri, itu untuk mengurangi antrean pembuatan serta pencetakan kartu tanda penduduk KTP. Sebab, di aplikasi tersebut, semua data bisa terbaca.

Kendati begitu, papar Buleks masyarakat harus datang ke dispendukcapil atau kelurahan, agar memaksimalkan penggunaan IKD. Dengan demikian, legislator PDIP ini, yakin antrean panjang tidak terjadi lagi.

"Apalagi mulai bulan ini, perangkat  Android atau IoS bisa mengunduh IKD", ujanya.

Karenanya, dia mendorong, ini merupakan pekerjaan rumah pemerintah, mencarikan jalan keluar warga yang tak punya smartphone. Mengingat, saat ini sudah serba digital.

"Pemerintah kota, hanya perlu menyelesaikan warga yang tidak punya ponsel bagaimana? Apakah mereka tidak akan memiliki kartu tanda penduduk?" ujar Buleks. (roy)