Catatan Mas AAS

Wisuda Sarjana

Editor : -
Wisuda Sarjana
FTP UB

Alhamdulilah Ala Kulli Hal (Segala puji bagi Allah atas setiap keadaan). Bukan aku yang pintar tapi doa kedua orang tua ku lah yang terlalu kuat! Hingga aku bisa sampai sejauh ini, bisa kuliah, dan kemudian lulus dari FTP UB! Selintas itu status yang ditulis oleh seorang mahasiswa, yang aku familiar dengan wajahnya tapi lupa namanya. Tapi, setelah aku lihat statusnya, nama anaknya adalah Moh Anwar Nurafiki!

Bisa jadi apa yang ditulis oleh sang wisudawan itu di laman FB nya benar. Sebenarnya diri kita itu bukan siapa-siapa dan tidak bisa apa-apa. Ada tangan-tangan Tuhan yang bekerja, mendorong, mendukung, kesuksesan yang kita alami. Bisa dari DOA kedua orang tua. Bisa dari keikhlasan kita beraktivitas di organisasi, dari pagi, siang, hingga malam tiba. Diri kita pun tetap bertekun kerjakan tugas-tugas keorganisasian dimana amanah sudah diberikan ke pundak kita. Dan barangkali sisa waktu yang ada kita kerjakan tugas kuliah kita: buat review jurnal, persiapan mempelajari apa yang akan kita lakukan di lab esok pagi. Disaat perut setengah keroncongan, dan seorang mahasiswi menolak perasaan yang kita rasakan kepadanya. Dengan jawaban lewat WhatsApp," Sori, kita bertemanan saja ya!" Glodak.

Tak jarang peristiwa itu mungkin dialami oleh si mahasiswa itu, yang barusan saja diwisuda. Tapi satu hal yang tak bisa ia lupakan. Aral juga rintangan itu terasa manis sekarang, bahkan ia mungkin ingin mengulangi dan menyelesaikan rintangan itu. Saat ia dan kedua orang tuanya merayakan anugerah indah itu. Benarlah pepatah lama "bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian". Dan indah pada akhirnya adalah ujung sebuah penantian yang indah serta membahagiakan, setelah berhasil bersabar menjalani sebuah proses.

Selamat merayakan sebuah keberhasilan, yang sudah dicapai mas. Diwisuda menjadi SARJANA strata satu, adalah sebuah pencapaian yang luar biasa yang patut Anda syukuri. Di saat yang sama ada puluhan, ratusan, bahkan ribuan anak muda di negeri ini, yang tak sempat bisa mengenyam pendidikan tinggi!

Ganbate selalu 

AAS, 9 Juni 2023
Emper Rumah Rungkut Surabaya