PMI Jember Siaga Lebaran Dirikan Posko di Pusat Keramaian

oleh : -
PMI Jember Siaga Lebaran Dirikan Posko di Pusat Keramaian
Posko SIaga Lebaran PMI Jember

JEMBER (Jatimupdate.id)) - PMI Jember selama Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, turut  siaga menjaga keamanan dan keselamatan, dengan mendirikan lima posko lebaran, serta menyediakan  satu mobil bergerak, yang siaga di lokasi  rawan, terutama di titik keramaian.

Menurut  Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jember Zaenal Marzuki SH, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan disela mendirikan posko, Sabtu (30/4/2022), mobil sebagai posko bergerak, terkonsentrasi di kawasan Pantai Watu Ulo, Pantai Payangan, Pantai Pancer dan Pantai Papuma, yang diperkirakan akan terjadi lonjakan pengunjung, gegara kebijakan Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto ST IPU yang mencanangkan Wisata Gratis untuk warga Kabupaten Jember.

"Untuk posko ini, kami siagakan hari ini langsung, bertugas selama masa mudik lebaran. Juga untuk  mobile (mobil PMI keliling), akan berkeliling ke lokasi pantai, salah satunya ikut dalam kegiatan pengamanan lokasi pantai selama uji coba gratis tiket masuk," kata  Zaenal Marzuki 

Untuk kemudahan koordinasi, Posko PMI Jember itu, kata Marzuki, akan bergabung dengan pos siaga yang sudah didirikan polisi.

"Tentunya Pos Siaga Lebaran ini, akan bergabung dengan pos yg didirikan Polisi dan pos siaga lebaran mandiri berlokasi di Klinik Pratama," ujarnya.

Lebih lanjut Zaenal menjelaskan, posko mobile keliling, juga akan membagikan masker bagi masyarakat ataupun pemudik.

"Secara teknis, pembagian masker dilakukan di Pos Tawang Alun sebanyak 15 lembar, Pos Klinik Pratama 7 lembar, Pos Garahan 11 lembar, dan Pos Mobile sebanyak 13 lembar. Karena bagaimanapun tidak boleh lupa kita saat ini masih pandemi Covid-19," sambungnya.

Selain itu, Marzuki menambahkan, PMI Jember juga mengerahkan sarana dan prasarana pendukung.

Seperti mobil ambulans, motor trail 1 unit, motor Emergency Blood Jet 1 unit, Truk Traga, dan mobil APV untuk sarana angkutan personel.

"Serta mobil 4 X 4 yang stand by (bersiap diri), di Markas PMI Jalan Jawa. Intinya untuk posko lebaran PMI Jember, melayani pertolongan pertama, layanan mobil ambulans, bagi-bagi masker. Juga tempat istirahat bagi pemudik," tutupnya. (Fit)