Beach clean up Jadi Rangkain Sanur Festival Village 2023

Reporter : -
Beach clean up Jadi Rangkain Sanur Festival Village 2023
Hadir dalam aksi bersih-bersih pantai (Beach Clean Up) yang digelar dalam rangkaian AstraPay Sanur Village Festival 2023

Denpasar,JatimUpdate.id - Seribu siswa dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) di Sanur, Kota Denpasar, ikut ambil bagian dalam aksi bersih-bersih pantai (beach clean up).

Beach clean up merupakan rangkaian AstraPay Sanur Village Festival 2023. Kegiatan dimulai pada Jumat, 21 Juli 2023, sekitar pukul 06.30 WITA, awalnya dipusatkan di kawasan Pantai Segara Ayu.

Program bersih-bersih kawasan pantai itu juga merupakan inisiatif yang selaras dengan kampanye #SaatnyaBerarti dari AstraPay.

Chief Marketing Officer AstraPay, Reny Futsy Yama, menyatakan, program beach clean up sesuai dengan semangat yang diusung oleh kampanye #SaatnyaBerarti.

"Program ini menjadi salah satu langkah aksi nyata AstraPay dalam mengajak seluruh masyarakat berperan aktif dalam menjaga kelestarian pantai dan ekosistem laut," tutur Reny.

Reny juga menjelaskan partisipasi dalam Program Beach Clean Up dianggap penting oleh AstraPay. Sebab, paparnya memiliki dampak yang signifikan bagi lingkungan hingga masyarakat di Sanur.

"Melalui inisiatif ini, AstraPay berharap dapat mengedukasi dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia tentang pentingnya merawat lingkungan maritim serta  merawat kekayaan alam Indonesia demi kesejahteraan dan keberlanjutan generasi masa depan." demikian Reny.

Pada kesempatan itu, mereka yang berpartisipasi berhasil mengumpulkan sekitar 30 kantong besar sampah plastik dengan berat rata-rata sebesar 5 kilogram,

Total berat sampah yang berhasil dikumpulkan kurang lebih sebesar 150 kilogram.

Selain itu, terdapat juga moment kontes pengumpulan sampah puntung rokok terbanyak.

Sejumlah anak dari masing masing perwakilan SD, SMP, ataupun SMK berlomba-lomba mengumpulkan sampah puntung rokok.

SMP Wisata Sanur, Bali berhasil memenangkan kontes pengumpulan sampah puntung rokok tersebut.

"Dengan berpartisipasi dalam aksi bersih-bersih pantai ini, kami ingin menunjukkan komitmen kami dalam menjaga kebersihan dan keindahan pantai Sanur. Kami berharap aksi ini dapat menginspirasi masyarakat lainnya untuk peduli dan turut berperan aktif dalam menjaga lingkungan," ujar Ketua Yayasan Pembangunan Sanur yang juga Ketua Panitia AstraPay Sanur Village Festival 2023, Ida Bagus Sidharta Putra.

Pria akrab disapa Gusde itu menambahkan, dalam beberapa keberlanjutan adalah hal yang terus dihidupi masyarakat Sanur.

Menurutnya keberlanjutan itu tidak semata karena masyarakat di pesisir Sanur sangat bergantung pada pariwisata, tapi juga karena Sanur memiliki kawasan pesisir sepanjang 6 kilometer.

"Kelestarian bentang alam Sanur menjadi hal yang sangat vital bagi keberlanjutan warga Sanur dan sekitarnya." katanya (*)

Baca Juga: Gus Teja Meriahkan Malam Puncak Sanur Festival

Editor : Ibrahim