Survei SSC, AHY Cawapres Favorit Warga Jatim

Reporter : -
Survei SSC, AHY Cawapres Favorit Warga Jatim
Di Jatim, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara elektabilitas menjadi salah satu favorit sebagai bakal Calon Wakil Presiden

Surabaya, JatimUPdate.id - Menjelang gelaran Pemilu pada tahun 2024 nanti, di Jawa Timur nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) secara elektabilitas menjadi salah satu favorit sebagai bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres). 

Namun perolehan AHY dibayangi secara ketat oleh Erick Thohir dan Mahfud MD. Hasil riset yang dilakukan Surabaya Survey Center (SSC), menunjukkan putra mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini memuncaki perolehan tingkat elektabilitas Cawapres dengan angka 15.2% dibayangi secara ketat oleh Erick Thohir dengan perolehan 15%, dan Mahfud MD dengan angka 14.7%.

Baca Juga: Harga Cabe Rawit Merah di Kota Blitar Hari Ini Merangkak Naik, Selisih Rp2 Ribu dari Kemarin

Hal itu diungkapkan oleh Peneliti Senior SSC, Ikhsan Rosidi berdasarkan dari hasil riset yang telah mereka lakukan sebelumnya. 

“Di Jawa Timur, AHY perlahan namun pasti angka elektabiltasnya terus menguat dan mencapai posisi puncak saat ini, meski ada nama-nama lain membayangi seperti Erick Thohir dan Mahfud MD, kemudian ada Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil dengan masing-masing perolehan 8.8% dan 8.5%", kata Ikhsan saat merilis hasil surveinya, Rabu (9/8/2023) di Surabaya.

Lebih lanjut, Ikhsan menambahkan masih ada nama-nama lainnya yang muncul seperti Gubernur Jatim saat ini, Khofifah dengan 7.5%, Gibran Rakabuming 6.7%, dan Tri Rismaharini 5.5%. "Sementara, nama-nama lain yang muncul masih di bawah 5 persen, yakni Muhaimin Iskandar 3.8%, Airlangga Hartanto 3%, Gatot Nurmantyo 1%, Ahmad Heryawan 0.4%, serta Nasruddin Umar dengan 0.2%", imbuhnya.

Namun demikian, masih terdapat sebanyak 7.2% dari seluruh responden yang memilih untuk tidak menjawab atau menyatakan tidak tahu. 

"Ceruk sebesar ini adalah peluang yang masih dapat diperebutkan oleh para Bacalon. Berdasarkan data empirik, perilaku memilih ini akan menentukan pilihan pada detik-detik terakhir menjelang hari pencoblosan”, pungkasnya.

Baca Juga: Permintaan Sapi Kurban Naik, PPSDS Jatim Minta Dinas Peternakan Dievaluasi 

Dipilihnya AHY sebagai cawapres favorit warga Jatim berseiring dengan hasil survei SSC di periode yang sama, yang memotret bahwa Partai Demokrat adalah partai paling dipilih warga Jatim sebagai partai yang dianggap bisa melakukan perubahan.

Dari pertanyaan tersebut, Partai Demokrat dipilih oleh 16,2%. Sementara 2 partai dengan angka tertinggi lainnya adalah PKS dengan 12,8%, dan Partai Gerindra dengan perolehan 12,5%.

SSC adalah salah satu lembaga survei yang bernaung dibawah Asosiasi Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI) dan aktif dalam berbagai kegiatan riset opini publik sejak 16 tahun lalu, tepatnya sejak 7 Juli 2007. Hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 25 Juli - 03 Agustus 2023 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Sebanyak 1.200 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dalam setiap Kartu Keluarga (KK) dilakukan dengan bantuan kish grid.(DPR) 

Baca Juga: Kampung Kreasi 2024: Mendorong Ekosistem Halal di Jawa Timur

 

 

 

Editor : Redaksi