Unggul Dalam Ekspor Produk Daerah, BNI Xpora Terima Penghargaan

Reporter : -
Unggul Dalam Ekspor Produk Daerah, BNI Xpora Terima Penghargaan
Direktur Retail Banking BNI Putrama Wahyu Setyawan (kiri) bersama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

 

Jakarta,JatimUPdate.id-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI terus berkomitmen mendukung para pelaku usaha, khususnya UMKM yang berorientasi ekspor.

Baca Juga: UMKM Kopi Binaan Xpora Dobrak Pasar AS

Atas komitmen tersebut, BNI khususnya BNI Xpora diganjar penghargaan dalam Penganugerahan Merdeka Award 2023 untuk kategori Program Penguatan Ekspor Daerah.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Division Head Retail Productive Banking BNI Muhammad Safri Hidayat di Auditorium SCTV Tower, Jakarta Pusat, Rabu (30/8/2023).

Merdeka Awards adalah penghargaan dan apresiasi kepada para pihak yang telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan negeri dan kemanusiaan yang diselenggarakan oleh situs berita online Merdeka.com.

Dalam keterangannya, Direktur Retail Banking BNI Putrama Wahju Setyawan mengatakan BNI merasa sangat terhormat menerima penghargaan dan apresiasi tersebut.

“Terima kasih kepada merdeka.com untuk penghargaan yang tak ternilai ini. Penghargaan ini menjadi penguat komitmen BNI Xpora sebagai orkestrator ekosistem ekspor UMKM untuk terus mendukung kinerja ekspor produk lokal,” ujar Putrama di Jakarta, Jumat (1/09/2023). 

Putrama mengatakan, BNI Xpora hadir sebagai one stop export solution untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM Indonesia menuju UMKM yang Go Productive, Go Digital, dan Go Global. BNI Xpora juga menjadi pusat layanan bagi diaspora Indonesia di berbagai Negara.

Melalui kantor cabang BNI di 7 negara, BNI Xpora membantu diaspora dalam mempertemukan (Business Matching) dengan UMKM Indonesia.

Baca Juga: BNI Exporters Forum Dukung UMKM Tembus Pasar Global

Beberapa di antaranya yang telah menikmati fasilitas ini yaitu Bu Sarinah dari Surya Trading HK & Hartono, diaspora dari Korea Selatan, Diaspora loan kepada Restoran Lucky di HK.

Sejumlah aksi nyata juga telah dilakukan BNI Xpora, antara lain memberikan pelatihan dalam berbagai program, seperti, Coaching Program for New Exporter (CPNE), Export Coaching Program (ECP), sertifikasi halal, onboarding ke marketplace, pemasaran digital, pengemasan produk, dan lain-lain.

Dengan pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan-pelatihan ini, pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan produktivitas bisnis mereka, sehingga dapat tercipta ekportir-eksportir baru yang handal dan bankable.

Selain di luar negeri, melalui KCLN, BNI memberikan layanan konsultasi di seluruh kantor wilayah BNI di Indonesia dengan menyediakan petugas khusus (Trade Finance Officer) sehingga para UMKM dapat melakukan konsultasi pengembangan bisnis yang berorientasi ekspor serta layanan dan produk trade finance.

Baca Juga: Keripik Singkong Sidoarjo Tembus Pasar Belanda

Adapun produk-produk BNI pendukung ekspor antara lain BNI Trade Online (BTO) dan BNI Giro Multi Currency.

BTO merupakan layanan digital untuk kemudahan dalam proses transaksi Trade Finance, seperti LC, SKBDN, serta Bank Guarantee yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja melalui perangkat elektronik yang terkoneksi internet.

Sedangkan BNI Giro Multi Currency memberikan kemudahan bagi nasabah yang melakukan transaksi dalam berbagai macam mata uang melalui satu rekening.

“Sekali lagi terima kasih atas penghargaan ini, kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari program-program yang kami miliki. Namun kami yakin bahwa BNI Xpora akan menjadi salah satu pondasi pemberdayaan UMKM Indonesia untuk Terus Melaju Untuk Indonesia Maju,” ujar Putrama. (Dan)

Editor : Yoyok Ajar