Hari Perhubungan Nasional 2023

Jember Kembangkan Transportasi Masal Dan E-Parkir

Reporter : -
Jember Kembangkan Transportasi Masal Dan E-Parkir

Jember, JatimUpdate.id,- Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto ST IPU, terus berinovasi melalui pengembangan transportasi massal yang aman dan nyaman di Jember. Upaya ini mencakup pembangunan infrastruktur transportasi dalam mewujudkan modernisasi.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Hendy, pada peringatan Hari Perhubungan Nasional dan Hari Palang Merah Indonesia Tahun 2023 dengan tema “Melaju Untuk Transportasi Maju” di Alun-alun kota Jember, pada Senin (18/9/2023) pagi.

Baca Juga: Lebih Mahal dari Kabupaten Jember, Segini Harga Wortel di Kota Blitar Hari Ini

Semua itu, dimaksudkan untuk menunjukkan bagaimana para Insan transportasi mampu terus bergerak secara konsisten dalam kerja-kerja nyata.

"Momentum yang tepat bagi kita sebagai insan transportasi untuk terus bersama bergerak maju meningkatkan kinerja sektor transportasi untuk kepentingan masyarakat Indonesia," ujar Hendy.

Selain itu, diharapkan mampu untuk terus bergerak menjalankan tugas yang baik dan benar.

"Tidak hanya mendorong Indonesia menjadi negara maju, juga berimplikasi kuat bagi pembangunan yang berkelanjutan, ramah lingkungan keselamatan dan pelayanan transportasi yang meningkat," katanya.

"Oleh karena itu, semua pihak harus bekerjasama untuk mewujudkan tercapainya transportasi yang baik,' ungkapnya.

Launching E Parkir

Para kesempatan yang sama, Orang nomor satu dilingkungan Pemkab Jember itu, juga melaunching Program E Parkir.

Hendy mengatakan, bahwa program E Parkir merupakan hasil kerjasama dengan Bank Jatim.

"Jadi hari ini kita melaunching E Parkir, dan kita kerjasama dengan Bank Jatim," ujarnya.

Menurut Hendy, kerjasama tersebut dilakukan untuk mempermudah proses transaksi.

"Pembayaran, kita sediakan dengan layanan Qris dari temen-temen Bank Jatim," ungkapnya.

Layanan itu, kata Hendy, berupa barcode saja, kemudian dengan menggunakan barcode tersebut akan keluar Layanan E Parkir.

"Tapi itu berlaku khusus plat kendaraan dari luar Kabupaten Jember, seperti plat L dan lainnya," imbuhnya.

Baca Juga: Harga Wedung Pace Selangit, Pataji Nuso Barong Minta Pemkab Jember Selamatkan Warisan Leluhur 

Oleh sebab itu, Hendy mengimbau. Agar masyarakat yang memiliki kendaraan yang berplat nomor dari daerah lain, untuk segera mengganti dengan plat Jember.

"Jadi kalau yang tinggal di Jember dan memiliki kendaraan berplat nomor lain, sebaiknya segera diganti dengan plat nomor Jember, karena, proses pengurusannya mudah dan gratis," bebernya.

Dengan begitu, kata Hendy tidak usah bayar parkir gratis. Tapi kalau plat nomornya masih diluar Jember itu akan dikenakan parkir.

Dikonfirmasi terpisah. Kepala Dinas Perhubungan ( Kadishub) Kabupaten Jember, Agus Wijaya mengatakan, mulai tanggal 18 September 2023 telah diberlakukan pembayaran parkir melalui program E Parkir.

"Pada hari ini sudah dilaunching oleh pak bupati, untuk pelaksanaan pembayaran retribusi parkir di badan jalan umum, khusus untuk kendaraan diluar kota atau dari luar Kabupaten," kata Agus Wijaya.

Agus Wijaya menegaskan, bahwa kendaraan yang berplat nomor diluar Kabupaten Jember tetap dikenakan retribusi parkir, biarpun pemiliknya asli warga masyarakat Jember.

"Kita tidak melihat dari pemilik tetapi kita melihat dari plat nomor kendaraan," tandasnya.

Baca Juga: Kunjungi Pameran dan Bursa Ekraf 2024, Pataji Nuso Barong Berkomitmen Lakukan Edukasi

Pernyataan Bank Jatim

Kepala Bank Jatim Cabang Jember, Wawan Budi Rachmanto, menyatakan bahwa inovasi E Parkir merupakan salah satu sumber untuk meningkatkan PAD Pemerintah Kabupaten Jember.

"Seperti yang disampaikan Bapak Bupati, kita ada banyak program kerjasama, yang tujuannya untuk peningkatan PAD, antara lain dengan yang disampaikan sama pak bupati terkait sinkron box itu akan meningkatkan PAD di Kabupaten Jember," ujar Wawan.

Kata Wawan, ada beberapa program lain
yang akan di lakukan, dengan tujuan untuk peningkatan PAD.

"Masih banyak potensi yang bisa dikerjakan untuk Kabupaten Jember," ujarnya.

Bentuk MoU antara Pemerintah Kabupaten Jember dengan Bank Jatim itu, kata Wawan sudah dinaungi dengan MoU yang lebih besar lagi.

"Yaitu terkait dengan pengelolaan keuangan daerah dan salah satu bentuk dari pengelolaan pengelolaan keuangan daerah melalui E Parkir ini," tutupnya. (MR)

Editor : Yuris P Hidayat