Pelindo Mengajar, PT TPS Beri Edukasi Dunia Kemaritiman Bagi Siswa-Siswi SMAN 2 Malang

Reporter : -
Pelindo Mengajar, PT TPS Beri Edukasi Dunia Kemaritiman Bagi Siswa-Siswi SMAN 2 Malang
PT TPS mengenalkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) sebagai BUMN Pelabuhan

Malang, JatimUPdate.id,- Sebagai upaya untuk memberikan pengetahuan terhadap Dunia Kemaritiman.Kali ini, PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) memberikan edukasi kepada Siswa - siswi SMA Negeri 2 Malang. Selasa (19/9/2023).

Tak hanya itu,ratusan Siswa - siswi kelas 12, SMA Negeri 2 Malang yang melalui Program ' Pelindo Mengajar " PT TPS mengenalkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) sebagai BUMN Pelabuhan.

Baca Juga: Pelindo dan Pemkot Surabaya Mulai Bahas Rencana Pengoperasian Fly Over Terminal Teluk Lamong

Seperti yang disampaikan Direktur Keuangan TPS,Sapto Wasono Soebagio, bahwa Kegiatan Pelindo Mengajar merupakan bagian Program Pelido Peduli dalam Bidang Pendidikan, dan untuk kali kedua yang digelar di tahun ini.

Sebelumnya, kata Sapto, kegiatan tersebut juga digelar di bulan Februari 2023.Adapun kegiatan Pelindo Mengajar pada Episode 2 serentak di lakukan di 28 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 2 (dua) Universitas di 3 (tiga) Kabupaten pada 3 (tiga) provinsi, yakni Sumatra Utara, Jawa Barat dan Jawa Timur mulai dari tanggal 15 hingga 19 September 2023.

Sementara ditempat yang sama, Erika A. Palupi selaku Sekretaris Perusahaan TPS mengungkapkan,bahwa tujuan Pelindo mengajar ini adalah memberikan pembekalan terkait Industri Kepelabuhanan dan Logistik.

.Selain itu,lanjut Erika,juga memberikan Motivasi bagi Siswa SLTA untuk berani bermimpi dan mewujudkan impian tersebut.Dan mempersiapkan diri menjadi Pemimpin Indonesia di masa mendatang.

" Seperti kita ketahui, pelabuhan memiliki peranan yang penting dalam rantai logistik perekonomian Indonesia sehingga ekosistem pelabuhan yang meliputi bagaimana memberikan kualitas layanan, melakukan konektivitas antar pelabuhan, mengintegrasi pelabuhan dengan kawasan pendukung harus betul-betul terjaga," ungkapnya.

Ia membeberkan,bahwa penyelenggaraan program Pelindo Mengajar merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo Group, serta mendukung Pendidikan bermutu yang dicanangkan oleh Pemerintah sesuai dengan rumusan Sustainable Development Goals Nomor 4,dan melalui Sharing Session terkait Profesi dan Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Pelajar SMU menjadi Generasi Unggul.

Baca Juga: Gandeng PT PBM Tangguh Samudera Jaya, Pelindo Terminal Petikemas Kelola Pelabuhan Tanjung Priok

" Ini merupakan aksi nyata BUMN, untuk mendukung program prioritas Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pendidikan dan pencapaian target pembangunan berkelanjutan yang merata di seluruh Indonesia," beber Erika.

Kepala SMAN 2 Malang, Drs. Hariyanto, M.Pd mengaku merasa bangga lantaran dari sekian banyak SMA, pihaknya terpilih sebagai SMA tujuan kegiatan ini dan berharap kegiatan yang dilakukan Pelindo khususnya TPS tidak berhenti hanya hari ini saja

“Terima kasih Pelindo, khususnya TPS yang telah hadir memberikan pengenalan tentang dunia kepelabuhanan yang tentunya tidak bisa kami dapatkan sewaktu-waktu,” ujarnya.

Ditempat yang sama,Dana salah satu murid dari SMAN 2 Malang merasa bangga dan menyambut antusias untuk mengikuti kegiatan belajar hari ini.

Baca Juga: Pelaku Usaha Sambut Positif Pemberian Diskon Penumpukan Peti Kemas Pada Momen Idul Fitri 1445 H

“Happy banget bisa kedatangan Pelindo di sini, kita dapat ilmu baru dan banyak dapat hadiah, makasih Pelindo, makasih TPS," ungkap Dana.

Sebagai informasi,Program yang diinisiasi oleh Pelindo ini diturunkan kepada 4 regional Pelindo dan 4 subholding Pelindo, dimana TPS yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Subholding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) juga turut serta dalam mendukung kegiatan tersebut. (dji)

Editor : Yuris P Hidayat