Menjelang Pemilu 2024, Dewan Pers bersama insan pers siap membimbing masyarakat

oleh : -
Menjelang Pemilu 2024, Dewan Pers bersama  insan pers siap membimbing masyarakat
Prof. Dr. H. Azyumardi Azra, M.Phil., M.A., CBE.

JAKARTA ( Jatimupdate.id) - Menjelang Pemilu 2024, cendikiawan muslim Azyumardi Azra terpilih menjadi Ketua Dewan Pers periode 2022-2025 yang baru saja ditetapkan pada Rabu 18 Mei 2022.

Azyumardi Azra dipilih menjadi Ketua Dewan Pers periode 2022-2025. Mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu menggantikan Mohammad Nuh

Acara serah-terima jabatan anggota Dewan Pers digelar hari ini di Hotel Aryaduta, Jl Prajurit KKO Usman dan Harun, Gambir, Jakarta Pusat. Keputusan pemberhentian dan pengangkatan Anggota Dewan Pers tercantum dalam Keputusan Presiden RI Nomor 14/M Tahun 2022.

"Masa jabatan keanggotaan Dewan Pers sebagaimana dimaksud dalam Diktim kedua adalah 3 tahun terhitung mulai tanggal 13 Mei 2022," demikian bunyi diktum ketiga Keppres yang dibacakan, Rabu (18/5/2022).

adapun susunan pengurus Dewan Pers periode 2022-2025 yakni Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra, Wakil ketua M Agung Dharmajaya.

Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers dipimpin Yadi Hendriana dengan wakil Paulus Tri Agung. Komisi Hukum dan Perundang-undangan dijabat Arif Zulkifli dengan wakil Ninik Rahayu.

Kemudian, Komisi Pendidikan dan Pengembangan Profesi Dewan Pers dijabat Paulus Tri Agung dengan wakil Yadi Hendriana. Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi dipimpin Ninik Rahayu dengan wakil Asmono Wikan.

Berikutnya, Totok Suryanto memimpin Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri dan wakilnya Arif Zulkifli. Komisi Pemberdayaan dan Organisasi dijabat Asmono Wikan dengan wakil Sapto Anggoro.

Terakhir, Komisi Pendanaan dan Sarana Organisasi dipimpin Sapto Anggoro dengan wakil Totok Suryanto.

"Walaupun era kita ini era yang penuh distrupsi kekacauan, termasuk juga informasi seperti merosotnya peradaban, menghujat dan lain-lain. Kita mengharapkan sungguh-sungguh bantuan tegur sapa, kritiknya dan lainnya. Kita bisa melanjutkan bisa lebih baik lagi,” kata Azyumardi melalui keterangannya kepada media.

Selain itu, dia menyadari saat ini terjadi eskalasi politik menjelang Pemilu 2024. Oleh karena itu, dia berharap Dewan Pers dapat berperan sebagai mentor membimbing insan pers dalam menghadapi tahun politik.

"Sekarang saja sudah mulai terjadi proses peningkatan suhu politik karena adanya kepala daerah yang diangkat oleh Presiden maupun juga oleh Mendagri ya. Ini harus direspons oleh Dewan Pers agar bisa memberikan bimbingan kepada publik melalui berbagai media pers yang ada," tandasnya.