Hingga di Hari ke 4 Pelipatan, KPU Lamongan Temukan 130 Surat Suara Rusak

Reporter : -
Hingga di Hari ke 4 Pelipatan, KPU Lamongan Temukan 130 Surat Suara Rusak
Keterangan Foto : Proses pelipatan dan penyortiran surat suara yang melibatkan banyak pekerja, Rabu (3/1/2024) ZR

Lamongan, JatimUPdate.id- Hingga hari keempat pelipatan surat suara, KPU Lamongan telah menemukan sebanyak 130 surat suara yang rusak.

"Sampai hari ini, diketahui ada sebanyak 130 lembar surat suara rusak," ungkap Sekertaris KPU Lamongan, M Yassir kepada wartawan, Rabu (03/01/2024).

Baca Juga: BPJS Kesehatan Menjamin Perlindungan Kesehatan Bagi Penyelenggara Pemilu

Temuan surat suara yang rusak itu diperkirakan masih bertambah, karena belum keseluruhan surat suara dilipat dan disortir. Masih banyak yang belum dilipat.

Logistik perlengkapan untuk KPU Lamongan memang mulai terpenuhi. Kotak suara, bilik, tinta, alat tusuk dan bantalan sudah terkirim. Yang tersisa tinggal surat suara.

Diperkirakan sebelum pertengahan Januari 2024, semua kebutuhan total surat suara akan dikirim dan tiba di Gudang KPU di Jalan Jaksa Agung Suprapto.

Terhitung sejak hari Sabtu (23/12/2023) sebanyak 3 juta surat suara yang dikirim. Start sejak hari Minggu (31/1/2023) gerak cepat langsung dilakukan pelipatan dan penyortiran. " Pengiriman logistik berupa surat suara ini dikirim bertahap, awalnya untuk DPRD Kabupaten, kemudian DPD RI, dan diikuti DPRD Provinsi," kata Yasir.

Baca Juga: Tahap Rekapitulasi Suara, Komisioner KPU Jatim Harus Berganti Sore Ini

Yasir optimistis semua kebutuhan logistik akan terpenuhi. Tinggal surat suara yang sampai hari ini (Rabu) belum keseluruhan terkirim. Sebanyak sekitar 3 juta surat suara untuk DPD RI, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPRD Provinsi yang telah diterima KPU Lamongan.

Untuk jumlahnya, Yassir merinci, DPRD Kabupaten sebanyak 1.072.807, DPD RI 1.067.807, dan untuk DPRD Provinsi sebanyak 1.067.807.

Yassir menyebut hingga saat ini proses pelipatan dan penyortiran telah ditemukan ratusan surat suara rusak sejak dari asal pengiriman

Baca Juga: Caleg DPRD Jatim Bawa Dua Box Bukti Kecurangan Ke Bawaslu Bangkalan

Ia bersyukur sejak pengiriman surat suara hingga proses penyortiran logistik tidak ditemukan masalah berarti. Ia berharap seluruh kelengkapan logistik bisa selesai tepat pada waktunya.

Untuk surat suara yang rusak langsung dibuatkan berita acara untuk mendapatkan ganti, sesuai jumlah yang tercatat dalam berita acara.(ZR)

Editor : Nasirudin