Rumah Dinas Camat Pakem Terbakar, Bawaslu Bondowoso Pastikan Bukan Sekretariat PPK

Reporter : -
Rumah Dinas Camat Pakem Terbakar, Bawaslu Bondowoso Pastikan Bukan Sekretariat PPK
Rumah dinas Camat Pakem, Bondowoso terbakar, pada Selasa (2/01/2023).

Bondowoso, JatimUPdate.id,- Rumah dinas Camat Pakem, Bondowoso terbakar, pada Selasa (2/01/2023) ini telah membuat geger warga. Informasi dihimpun, rumah dinas Camat Pakem ini telah difungsikan sebagai sekretariat Pemilu. Tepatnya, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pakem.

Atas kejadian tersebut, Bawaslu Kabupaten Bondowoso mendatangi lokasi dan melakukan investigasi. Dari hasil investigasi, Bawaslu memastikan rumah dinas camat bukan sekretariat PPK Pakem, sehingga tidak ada hubungannya dengan pemilu.

Baca Juga: Forum Penyelamat Pemilu Jurdil Datangi DPRD Jatim, Tuntut Pemilu Diulang 

Ahmad zairuddin, Anggota Bawaslu Kordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa menjelaskan, bahwa posisi sekretariat PPK berada di sebelah kiri belakang dari TKP. sehingga tidak ada barang PPK yang ada di rumah dinas camat tersebut, cuma ada terpasang banner di depan saja.

Berdasarkan hasil kajian bahwa kejadian, kasus dugaan pembakaran merupakan murni kasus pidana umum, sehingga tidak masuk dalam pidana pemilu. Dan penanganan kasus tersebut tidak masuk dalam penanganan Gakkumdu, melainkan pihak kepolisian.

Baca Juga: Patroli Cyber 24 Jam, Kominfo RI Temukan 289 Hoax Selama Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilu 2024

"Tidak ada sangkut paut dengan kesekretariatan PPK, karena tidak ada barang-barang atau dokumen PPK di dalam rumah dinas camat" terang Zairudin. Dan memang rumah dinas camat tidak ditempati oleh PPK. Tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, rumah dinas camat pakem diduga di bakar oleh orang tidak dikenal, sehingga membuat sejumlah barang hangus terbakar. Terlihat dari jendela rumah yang tercongkel.

Baca Juga: Empat Indikator Keberhasilan Pelaksanaan Pemilu 2024 Menurut Pj Gubernur, Apa Saja?

Petugas kepolisian masih melakukan sejumlah penyeledikan, yakni memeriksa dan meminta keterangan serta informasi dari sejumlah saksi dan mengamankan barang bukti dari hasil olah TKP. Diberitakan sebelumnya, bahwa dugaan pembakaran ini ada sangkut pautnya dengan situasi politik saat ini. (AR)

Editor : Nasirudin