SD Plus Al Islah Bondowoso Gelar Business Day

Reporter : -
SD Plus Al Islah Bondowoso Gelar Business Day
Business Day SD Plus Al Islah Bondowoso

Bondowoso, JatimUPdate.id,- Untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan siswa, SD Plus Al Ishlah Bondowoso mengadakan kegiatan Business Day, yang diselenggarakan setiap hari Sabtu, tepatnya pada Sabtu di Minggu kedua dan keempat setiap bulannya.

Tujuan dari diadakannya kegiatan business day adalah untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur siswa agar bisa mengetahui tentang bisnis.
Melatih kreativitas dan inovasi terhadap anak-anak. Sebab bisnis day bisa menumbuhkan sikap percaya diri dan bisa meningkatkan kemampuan komunikasi anak, melatih kecerdasan dalam interaksi jual beli.

Baca Juga: Peluncuran Tahapan Pilkada 2024 di Bondowoso: Semarak dengan Maskot 'Si Konah' dan Konser Band Letto

Menurut ustadz Agus, Waka Kesiswaan menjelaskan, bahwa dengan adanya business day, anak-anak bisa berinteraksi dengan benar dalam menjalankan peran , dan melatih karakter penting, yaitu jujur. Anak-anak bisa tahu bagaimana jual beli dengan baik dan sesuai dengan norma agama.

"Business day ini memang untuk menanamkan dan menumbuhkan jiwa wirausaha anak, serta melatih karakter, yaitu jujur." Jelas ustadz Agus.

Kegiatan business day diikuti oleh semua siswa di tiap kelas. Dan dilaksanakan setiap hari Sabtu, pada minggu kedua dan keempat. Jadi untuk jadwal setiap waktunya berbeda kelas yang melakukan.

"Iya, ada jadwal tiap kelas untuk melakukan business day ini, dan kebetulan pada saat ini giliran kelas 4 yang melakukan," ujarnya. Sabtu (13/1)

Baca Juga: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso Gelar Apel Kesiapan Pilkada 2024

Kegiatan ini dilakukan dengan para siswa menjual produk hasil olahan sendiri, yang kemudian dijual dengan ditempatkan di lokasi yang telah di tentukan. Seperti transaksi jual beli pada biasanya.

Hasil dari penjualan, anak-anak mengeluarkan infaq. Yaitu sekian persen dari hasil penjualan.
Sebagai latihan anak-anak dalam berinfaq dan shodaqoh.

"Tujuannya, anak-anak bisa melatih karakter, menjadi pengusaha yang dermawan dan suka menolong, peduli dan berbagi," tambah ustadz Agus.

Baca Juga: DPC Partai Demokrat Bondowoso Dukung Pj. Bupati Bambang Soekwanto dalam Pilkada 2024

Perlu diketahui SD Plus Al Ishlah merupakan Sekolah Dasar dengan menekankan keilmuan pengetahuan umum dan agama. Dan selalu mengembangkan inovasi dalam setiap waktu. Dan kegiatan bussines day ini sudah sejak 2023, dan Alhamdulillah banyak wali murid yang senang.

"Alhamdulillah, kami wali murid senang dengan adanya kegiatan ini, sehingga anak-anak bisa belajar berwirausaha dan menjadi pengusaha," tutur wali murid yang juga menjadi pengusaha.(AR)

 

Editor : Nasirudin