Melalui Rumah BUMN, PLN Fasilitasi Ribuan UMK Naik Kelas

Reporter : -
Melalui Rumah BUMN, PLN Fasilitasi Ribuan UMK Naik Kelas
Keterangan Foto:- Rumah BUMN PLN

Surabaya, JatimUPdate.id,- Konsisten berdayakan Masyarakat, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur melalui Rumah BUMN berhasil memfasilitasi 1.054 Usaha Mikro Kecil (UMK) naik kelas melalui program sertifikasi dan pendampingan selama periode 2023.

General Manager PLN UID Jawa Timur Agus Kuswardoyo memaparkan, melalui Rumah BUMN di Blitar, Pacitan dan Sumenep, PLN memberikan kesempatan kepada anggota untuk berkembang dan meningkatkan kapasitas dalam menjalankan usaha.

Baca Juga: Komisi C: Pemindahan Tiang Listrik di RW 10 Tanah Kali Kedinding Tidak Dikenakan Biaya

“Kegiatan pendampingan UMK yang dilakukan melalui Rumah BUMN diharapkan mampu menggaet lebih banyak pelaku UMK untuk bergabung sebagai anggota. Kami ingin memberikan manfaat lebih luas kepada lebih banyak pelaku UMK di Jawa Timur sehingga dapat mendorong pemerataan ekonomi di seluruh Jawa Timur,” papa Agus.

Pada tahun 2023,masih kata Agus. Rumah BUMN Pacitan berhasil membawa 893 UMK naik kelas yang mayoritas didukung melalui pendampingan pengurusan sertifikat halal, pengurusan NIB, dan PIRT.

Selain melalui pendampingan sertifikat, Imbuh Agus,pelatihan juga diberikan secara rutin dengan total 13 kali pelatihan pada Rumah BUMN Pacitan dan Rumah BUMN Blitar dan 12 kali pelatihan di Rumah BUMN Sumenep.

" Materi pelatihan yang diberikan kepada anggota Rumah BUMN berkaitan dengan kebutuhan pelaku UMK seperti materi terkait media sosial, pemasaran, pengemasan, pajak, hingga perizinan usaha," ujarnya.

Baca Juga: Teken MoU dengan PLN, Pemkab Lamongan Konsen ke PJU

Agus menjelaskan, kehadiran Rumah BUMN ini menjadi bagian dari kontribusi PLN untuk memastikan bahwa tenaga listrik yang disalurkan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan produktif yang menggerakkan perekonomian mulai dari skala rumah tangga hingga industri.

“Kami berupaya memaksimalkan peran Rumah BUMN yang kami kelola, dan kami terus terbuka bagi masyarakat yang memiliki UMK dan ingin bergabung dengan Rumah BUMN binaan PLN,” tandas Agus.

Sementara itu pemilik usaha Kripik Pratama,Sumiyati mengaku mengalami peningkatan produksi sebesar 10,7% pada tahun 2023. Setelah bergabung dengan Rumah BUMN, penjualan produk miliknya dapat dipasarkan secara daring menggunakan PLN Marketplace yang dapat diakses melalui PLN Mobile sehingga menjauh pasar lebih luas.

Baca Juga: Denda PLN Rp 9 Juta di Pos RT14 Banyu Urip Tuntas, Semuanya Dilimpahkan ke Dishub

“Terima kasih PLN telah memberikan pelatihan, pengurusan sertifikasi halal hingga penjualan online. Sebelumnya, kami memasarkan hanya ke tetangga. Alhamdulillah sekarang sudah banyak yang tahu produk kami,” demikian Sumiyati. (*/dji).

Keterangan Foto: Rumah BUMNKeterangan Foto: Rumah BUMN

Editor : Nasirudin