Selamatkan Lingkungan, Pj Bupati Pasuruan Ajak Kadin Menanam Pohon 

Reporter : -
Selamatkan Lingkungan, Pj Bupati Pasuruan Ajak Kadin Menanam Pohon 
Pj Bupati Pasuruan ajak Kadin tanam pohon selamatkan lingkungan

Pasuruan _ JatimUpdate.id _ Kawasan Wisata Sumber Nyamplung, Pandaan, Kabupaten Pasuruan, menggelar Penanaman Konservasi Perusahaan, pada Sabtu (03/02/2024). 

Kegiatan itu kerjasama dengan KADIN Kabupaten Pasuruan. Sekaligus, berlangsung Launching Gelang Kepang (Gerakan Penanggulangan Kerawanan Pangan) melalui Gerakan Tanaman Pangan, dalam Rangka Pengendalian Inflasi, bersama Pj Bupati Pasuruan Dr Andriyanto M Kes.

Baca Juga: Khofifah Resmikan 10.550 panel surya PT. HM Sampoerna

Hadir pula pada kesempatan itu, Drs Sudarwiyono, mewakili KADIN Provinsi Jawa Timur dan Eko Widiyatmo SE MM, Ketua Kadin Kabupaten Pasuruan.

Mengutip laman resmi Pemkab Pasuruan, Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto mengajak seluruh perusahaan untuk getol melakukan penanaman pohon untuk penyelamatan lingkungan.

Menurutnya, konservasi lingkungan bagi perusahaan merupakan kewajiban yang diatur dalam UU nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT).

"Di dalam Pasal 74 disebutkan adanya kewajiban pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan bagi setiap perusahaan yang bidang usahanya di bidang atau berkaitan dengan sumber daya alam," katanya.

Bila pengusaha dengan penuh kesadaran untuk menanam aneka pohon, maka diharapkan polusi dapat ditekan dan warga sekitar pabrik akan dapat menghirup udara bersih.

Terlebih Andriyanto menegaskan bahwa di Kabupaten Pasuruan tercatat ada sekitar 2603 perusahaan (besar, menengah dan kecil) yang berinvestasi. Dari jumlah tersebut, 1600 perusahaan diantaranya berskala besar.

Baca Juga: Top 5 Inovasi Pelayanan Publik Kabupaten Pasuruan Tahun 2023

"Tadi saya dibisikin Pak Sekda kalau ada 1600 perusahaan besar, dan ada 2603 perusahaan kalau digabung dengan yang sedang sampai UMKM. Kalau semuanya berkontribusi, beres," terangnya.

Saat ditanya berapa persen perusahaan yang sudah melaksanakan kewajiban konservasi lingkungan, Andriyanto menegaskan bahwa kesadaran perusahaan sudah mulai meningkat.

Hal itu ditunjukkan dengan CSR (cooperate social responsibility) perusahaan yang diwujudkan dalam konservasi lingkungan. Oleh sebab itu, menanam pohon sebanyak-banyaknya di musim hujan seperti sekarang, sangatlah tepat untuk dilakukan dengan segera,

"Makin ke sini makin bagus. Kita nggak akan berhenti untuk mengingatkan perusahaan agar betul-betul peduli pada kelestarian lingkungan. Karena apa, salah satu indikator utama berhasil tidaknya pembangunan di daerah adalah lingkungan hidup," tegasnya.

Baca Juga: Calli Mera, Resto Nuansa Pegunungan Usung Little Santorini Yunani

Sementara itu, Ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri), Eko Widiatmo berterima kasih kepada Pemkab Pasuruan yang memberikan support kepada perusahaan agar peduli pada lingkungan.

"Karena kalau didatangi langsung seperti sekarang ini beda rasanya. Terima kasih Pak Pj Bupati, karena perusahaan juga harus didorong untuk memacu kinerjanya. Termasuk langkah penyelamatan lingkungan," ucapnya.

Sebagai rangkaian acara, juga diserahkan piagam penghargaan kepada Kadin Kabupaten Pasuruan dan Sekolah Adiwiyata serta penanaman cabe dan pohon Konservasi.(rilis)

Editor : Miftakul Rahman