Bawaslu Bondowoso Gelar Pelatihan Saksi Partai Politik

Reporter : -
Bawaslu Bondowoso Gelar Pelatihan Saksi Partai Politik
Keterangan Foto:- Pelatihan saksi partai politik tingkat kabupaten dan skema penyelenggaraan saksi peserta pemilu di Hotel Ijen View, Selasa (6/2/2024).

Bondowoso, JatimUPdate.id,- Dalam rangka penguatan kapasitas penyelenggara dan saksi partai politik peserta pemilu, Bawaslu Kabupaten Bondowoso menyelenggarakan pelatihan saksi partai politik tingkat kabupaten dan skema penyelenggaraan saksi peserta pemilu di Hotel Ijen View, Selasa (6/2/2024).

Acara yang dihadiri oleh sejumlah saksi dari peserta pemilu, baik capres-cawapres, DPD, dan partai politik, serta ketua panwascam se-kabupaten Bondowoso. Kegiatan ini bertujuan agar dalam pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada 14 februari nanti bisa berjalan lancar dan tidak terjadi permasalahan.

Baca Juga: Peluncuran Tahapan Pilkada 2024 di Bondowoso: Semarak dengan Maskot 'Si Konah' dan Konser Band Letto

Menurut Moh. Hasyim, selaku kordiv SDMO dan Datin, kegiatan pelatihan ini merupakan pembekalan dan penguatan kapasitas para saksi tingkat kabupaten serta pengawas pemilu agar sukses dan tidak terjadi permasalahan saat proses pemungutan dan penghitungan suara.

"Harus ada pembekalan dan pelatihan bagi saksi partai politik, dan saksi pasangan calon agar pemilu sukses diselenggarakan." Terang Hasyim dalam sambutannya.

Ditambahkan Hasyim, tujuan lain dari kegiatan ini, agar terjadi saling koordinasi antara saksi dan penyelenggara pemilu. Dalam hal ini pengawas pemilu dalam rangka mengawasi dan mengawal proses kegiatan pemilu dengan baik.

"Peserta kegiatan ini dari saksi parpol dan pengawas pemilu, agar bisa saling koordinasi dalam pengawasan." Tambahnya.

Baca Juga: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso Gelar Apel Kesiapan Pilkada 2024

Acara dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Bondowoso, Nani Agustina. Dalam membuka acara, Nani menyampaikan bahwa amanat undang-undang, saksi parpol diberikan pelatihan oleh Bawaslu. Sehingga dilaksanakan kegiatan pelatihan ini.

"Sesuai amanat undang-undang, bahwa pelatihan saksi dilakukan oleh Bawaslu. Sehingga nanti saksi dapat memahami skema penyelenggaraan agar terselenggara pemilu sesuai aturan". Kata Nani.

Diketahui kegiatan ini hadir pula Ketua KPU Kabupaten Bondowoso, Junaidi, yang juga sebagai pemateri dalam kegiatan.

Baca Juga: DPC Partai Demokrat Bondowoso Dukung Pj. Bupati Bambang Soekwanto dalam Pilkada 2024

Setelah pelatihan ditingkat kabupaten, akan dilaksanakan pelatihan ditingkat kecamatan yang akan dilaksanakan oleh panwaslu kecamatan.(AR)

Keterangan Foto:- Pelatihan saksi partai politik tingkat kabupaten dan skema penyelenggaraan saksi peserta pemilu di Hotel Ijen View, Selasa (6/2/2024).Keterangan Foto:- Pelatihan saksi partai politik tingkat kabupaten dan skema penyelenggaraan saksi peserta pemilu di Hotel Ijen View, Selasa (6/2/2024).

Editor : Nasirudin