Tiga kepala daerah yaitu Surabaya, Sidoarjo dan Gresik di Grahadi

Surabaya - Masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Tahap III di Surabaya tidak diperpanjang. Kini mulai dilanjutkan dengan masa transisi selama 14 hari jelang new normal mulai Selasa (9/6/2020).

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim Heru Tjahjono mengatakan putusan itu diambil setelah Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama tiga kepala daerah yaitu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin dan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.

Menurutnya, Forkopimda Jatim melakukan diskusi bersifat teknis sebagai dasar pengambilan keputusan tersebut.

Namun demikian ada masa yang harus dilakukan tiga daerah tersebut. Dalam rapat koordinasi, tiga kepala daerah membawa rancangan peraturan bupati (perbup) dan peraturan wali kota (perwali) sebagai laporan dan usulan agar PSBB Surabaya Raya tidak diperpanjang.

Ia menambahkan, roh atau isi perwali dan perbup salah satunya adalah masa transisi. Peraturan masa transisi sendiri tengah dibahas termasuk mempersiapkan pakta integritas gubernur.

"Ini akan didiskusikan oleh Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo. Besok kita ketemu untuk mem-fix-kan perwali tersebut dengan isi yang lebih teknis. Tapi roh-nya di dalamnya adalah ada masa transisi," tandasnya.

 

Berita Terkait