Masa Tenang, KPU Bondowoso Koordinasikan Pembersihan APK Secara Serentak

Reporter : -
Masa Tenang, KPU Bondowoso Koordinasikan Pembersihan APK Secara Serentak
Keterangan Foto:- Pembersihan APK pemilu 2024 di kabupaten bondowoso, Minggu (11/2/2024)

Bondowoso, JatimUPdate.id,- Hari Minggu, 11 Februari 2024, telah memasuki hari pertama masa tenang untuk tahapan Pemilu 2024. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bondowoso (KPU Bondowoso ) koordinasikan pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK) bersama Peserta Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan stakeholders di Tingkat Kabupaten Bondowoso.

Sesuai peraturan KPU tentang kampanye, batas peserta Pemilu untuk melakukan kampanye sampai dengan Sabtu, 10 Februari 2024 pukul 23.59 WIB. Sementara, mulai pukul 00.00 semua kampanye dalam metode apapun tidak diperbolehkan.

Baca Juga: Peluncuran Tahapan Pilkada 2024 di Bondowoso: Semarak dengan Maskot 'Si Konah' dan Konser Band Letto

Sesuai dengan KPT 1621, bahwa Pada saat memasuki masa tenang, KPU berkoordinasi dengan Peserta Pemilu, Bawaslu, dan pemerintah daerah setempat untuk membersihkan APK.

Kemudian, penertiban APK dilakukan secara simbolis yang dimulai dari Alat peraga yang ada di depan kantor KPU persis pukul 00.00 WIB dini hari tadi.

Penurunan APK dan bahan kampanye tersebut dimulai di depan Kantor KPU Bondowoso, Nangkaan dan beberapa titik lainnya. 

Ketua KPU Bondowoso, Junaidi menjelaskan, simbolis penurunan APK yang dilakukan tim gabungan sebagai contoh bagi parpol agar dengan sadar menurunkan APK masing-masing.

Baca Juga: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso Gelar Apel Kesiapan Pilkada 2024

Pada masa tenang ini pihaknya hanya bisa mengimbau saja agar mereka yang memasang APK juga bertanggung jawab untuk menurunkan. 

“Bagi mereka yang sebelumnya sudah memahami aturan di PKPU, khususnya di pasal 36, mereka banyak yang sudah menurunkan APK-nya masing-masing,” katanya.

Perlu diketahui, sebagai rangkaian kegiatan pembersihan, KPU Bondowoso sebelumnya juga telah menggelar rapat koordinasi. Rakor berjalan mulai pukul 21.00 sampai dengan pukul 23.00 di Aula Kantor KPU Bondowoso. Dilanjutkan dengan apel kesiapan di halaman Kantor KPU Bondowoso hingga pukul 00. 00 WIB pembersihan mulai dilakukan.

Baca Juga: DPC Partai Demokrat Bondowoso Dukung Pj. Bupati Bambang Soekwanto dalam Pilkada 2024

Adapun jumlah yang hadir terdiri dari jajaran Bawaslu Kabupaten Bondowoso, Polres Bondowoso, Kodim 0822 Bondowoso, Bakesbangpol, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP Kabupaten Bondowoso dan perwakilan tim kampanye Pasangan Calon tingkat Kabupaten, Partai Politik tingkat Kabupaten dan Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Kabupaten Bondowoso.(AR)

Editor : Nasirudin