Besok Pasar Murah Produk Kelautan Dan Perikanan Di Kantor Gubernur

Reporter : -
Besok Pasar Murah Produk Kelautan Dan Perikanan Di Kantor Gubernur
Pasar murah produk Kelautan dan perikanan

Gelar Pasar Murah Produk Kelautan dan Perikanan Jelang Bulan Ramadan, Pj. Gubernur Adhy: Upaya Familirisasi dan Pemenuhan Kebutuhan Pokok Masyarakat.  

Surabaya, JatimUpdate.id,- Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan menggelar Pasar Murah Produk Kelautan dan Perikanan di Halaman Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan Nomor 110, Surabaya , besok Jumat (8/3/2024).

Baca Juga: Jatim Juara Umum LKSN PDBK 2024, Pj. Gubernur Adhy : Terima Kasih Atas Dedikasi Yang Luar Biasa

Pasar Murah ini digelar dalam rangka kegiatan promosi, edukasi, dan peningkatan jejaring kemitraan serta pemasaran produk kelautan dan perikanan.

Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono pun mengajak segenap masyarakat Jawa Timur untuk turut menghadiri, serta berbelanja produk-produk kelautan dan perikanan. Selain itu dalam pasar murah tersebut masyarakat juga dapat membeli sembako.

Sehingga nantinya, produk yang telah dibeli ini dapat digunakan untuk persiapan pemenuhan gizi dan kebutuhan pokok menjelang Bulan Suci Ramadan 2024.

"Pasar murah ini ditujukan sebagai upaya familiarisasi produk-produk kelautan dan perikanan Jatim kepada masyarakat. Selain itu juga bisa menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan pokok dan gizi masyarakat menjelang bulan Ramadhan yang akan datang minggu depan," ujarnya di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (7/3).

Pj. Gubernur Adhy melanjutkan bahwa dalam Pasar Murah Produk Kelautan dan Perikanan ini akan menghadirkan 30 peserta UPI/UMKM perikanan, serta OPD terkait penyedia bahan pokok seperi Dinas Pertanian dan Ketahahanan Pangan, Dinas Peternakan, Dinas Perkebunan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Bulog Kanwil Jatim. Selain itu juga diikuti UKM-UKM binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim.

"Dalam pasar murah ini, bersama berbagai dinas penyedia bahan pokok di Jatim, masyarakat dapat mengikuti kegiatan sosialisasi pengembangan produk bernilai tambah untuk peningkatan gizi keluarga," ungkapnya.

Baca Juga: Pj. Gubernur Jatim Dorong Kepala Daerah Terapkan Konsep Kota Cerdas yang Hasilkan Perkotaan Hijau

Bukan hanya sosialisasi, Pj. Gubernur Adhy juga menekankan bahwa edukasi pada masyarakat terkait produk kelautan dan perikanan juga akan disampaikan melalui Demo Masak atau Cooking Class. Menariknya, Cooking Class ini akan dipandu oleh Finalis MasterChef Indonesia Session 1, Chef Sarwan.

"Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi pengembangan diversifikasi produk olahan perikanan untuk peningkatan gizi keluarga ini dilakukan melalui cooking class yang menghadirkan chef sarwan, dan diikuti oleh perwakilan peserta dari Dharma Wanita Persatuan Dinas Kelautan dan Perikanan," katanya.

Selain Cooking Class, Pj. Gubernur Adhy juga menyampaikan pentingnya gelaran ini untuk para pelaku usaha di bidang kelautan dan perikanan. Pasalnya, akan terdapat berbagai talkshow yang dibuka secara umum dengan narasumber ahli di bidang investasi dan pasar yang akan menunjang koneksi dan kemitraan para UPI/UKM.

"Talkshow Fasilitasi Kemitraan Sektor Usaha Kelautan Dan Perikanan menghadirkan para narasumber ahli dibidang investasi dan pasar seperti Ketua Akselerasi Produsen Makanan Dan Minuman (APMMJ) Jatim dan Direktur Export Center Surabaya. Kegiatan ini dapat menumbuhkan jejaring kemitraan usaha dan minat investasi di sektor kelautan dan perikanan," terangnya.

Baca Juga: 145 Siswa Asal Papua Tempuh Pendidikan SMA/SMK di Jatim Lewat Program ADEM

Pj. Gubernur Adhy berharap gelaran Pasar Murah ini dapat meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Jatim, sekaligus membangun jejaring bagi para pelaku usaha kelautan dan perikanan.

"Pasar Murah ini akan menjadi wadah bagi kita untuk meningkatkan Perekonomian dan menyejahterakan masyarakat. Bukan cuma pemenuhan gizi melalui meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Jawa Timur, para pelaku usaha kelautan juga dapat memperluas jaringan pemasaran dan kemitraan mereka," katanya.

"Sampai bertemu tanggal 8 Maret 2024 di Pasar Murah Produk Kelautan dan Perikanan," pungkasnya.(*) 

Editor : Yuris P Hidayat