Bawaslu Bondowoso Evaluasi Kegiatan Pengawasan Pemilu 2024

Reporter : -
Bawaslu Bondowoso Evaluasi Kegiatan Pengawasan Pemilu 2024
Rakor Bawaslu Bondowoso

Bondowoso, JatimUPdate.id,-Dalam suasana puasa, Bawaslu Kabupaten Bondowoso menggelar Rapat koordinasi bersama jajaran Panwascam Se Kabupaten Bondowoso di Resto Hotel Ijen View Bondowoso, Jum'at siang, (15/3/2024).

Pada Rakor tersebut, membahas Evaluasi Penyelenggara Pengawas dalam pelaksanaan kegiatan pemilu 2024 yang telah dilaksanakan dengan tujuan untuk menciptakan pengawas yang profesional dan berintegritas pada tahapan Pilkada mendatang.

Baca Juga: Perolehan Suara Arjuna Fantastis, Cak Ji Klaim Setahun Pesiapan dan Turun ke Bawah

Hadir dalam Rakor, tiga pimpinan Bawaslu Bondowoso, Ketua Bawaslu Nani Agustina, Kordiv SDMO Moh. Hasyim, dan Kordib HPS Ahmad Zairudin, serta 69 anggota Panwascam.

Moh. Hasyim selaku penanggungjawab kegiatan, menyampaikan bahwa perlu adanya evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan pemilu 2024 yang telah dilaksanakan, agar ada perbaikan untuk kerja pengawasan dalam tahapan pemilihan selanjutnya.

" Evaluasi ini, agar teman-teman ada perbaikan kedepannya dalam menyiapkan pengawasan Pilkada mendatang, agar lebih profesional dan berintegritas", ungkapnya.

Dijelaskan, dalam Pilkada tentunya akan lebih banyak terjadi konflik interest, maka penyelenggara pemilu, dalam hal ini pengawas pemilu harus lebih professionalitas dan berintegritas.

Hasyim berharap, jajaran panwascam yang hadir untuk memaksimalkan kegiatan rakor ini dengan maksimal.

" Teman-teman panwascam agar maksimal dalam kegiatan ini, karena pemateri yang hadir dari profesional dibidang pemilu," pungkasnya.

Baca Juga: Agoeng Prasodjo Disebut Sang Pendobrak Kutukan Partai Golkar Surabaya

Acara dibuka langsung oleh ketua Bawaslu Kabupaten Bondowoso, Nani Agustina. Dalam sambutannya, Nani menyampaikan evaluasi kepada jajaran yang ada dibawah Bawaslu Bondowoso, terkait kinerja pengawasan pemilu kemarin.

Ia menyampaikan, bahwa ditingkat kecamatan, Panwascam sudah melakukan tugas dengan baik dan on the track. Tapi untuk ditingkat desa sampai TPS, perlu adanya evaluasi. Karena menurutnya badan ad hoc dalam pioner dalam mensukseskan pemilu, dan berjalan baik tidak nya pemilu tergantung bagaimana SDM di tingkat Ad hoc.

" Panwascam sudah bagus, tapi untuk tingkat desa sampai TPS perlu evaluasi dan peningkatan SDM, apalagi menjelang tahapan Pilkada," paparnya dalam membuka acara.

Harapannya, jajaran pengawas meningkatkan SDM dan meningkatkan Profesionalitas dan Integritas.

Baca Juga: Bawaslu Bondowoso Bersiap Hadapi Perselisihan Hasil Pemilihan Umum

Pemateri dalam kegiatan ini, yang pertama dari Pemantau Pemilu Jaringan Demokrasi Indonesia yaitu Dini Noor Aini dengan materi Evaluasi Tantangan Pengawas Pemilu 2024 dalam era digital menuju pengawas yang jujur dan profesional.

Kemudian pemateri yang kedua dengan materi Etika Pengawas di pelaksanaan Pemilu 2024 dalam rangka menciptakan pengawas yang mandiri dan berintegritas, yaitu Direktur Jawa Pos Radar Ijen Bondowoso, Aro.

Setelah materi, acara dilanjutkan dengan Buka Puasa bersama jaranan Bawaslu dan Panwaslu kecamatan se Kabupaten Bondowoso.(AR) 

Editor : Nasirudin