Jadi Mitra KJRI, Unesa Kembangkan Model Kurikulum Urban Indonesia Untuk Jeddah

Reporter : -
Jadi Mitra KJRI, Unesa Kembangkan Model Kurikulum Urban Indonesia Untuk Jeddah
pimpinan kampus Unesa dengan pihak KJRI di Jeddah awal Maret 2024 lalu.

Surabaya, JatimUPdate.id,- Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sebagai salah satu kampus yang menjadi mitra Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah untuk mengembangkan model kurikulum urban bagi Sekolah Indonesia di Jeddah atau SIJ.

Menurut Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan,M.Kes.menyatakan, terkait kerja sama tersebut,pihaknya telah membahas semua program,termasuk pimpinan kampus ‘Rumah Para Juara’ dengan pihak KJRI di Jeddah awal Maret 2024 lalu.

Baca Juga: Buka Pendaftaran UTBK - SNBT, Ini ketentuan - ketentuan Prodi Akedemik dan Vokasi di Unesa

"Ada banyak kerja sama yang kami bahas, salah satunya terkait pengembangan kurikulum untuk Sekolah Indonesia Jeddah,” kata Dr. Nurhasan dalam keterangan siaran pers.Senin ( 18/3/2024 ).

Kata Cak Hasan, sapaan akrab Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes, sebagai wujud komitmen dari kerja sama tersebut, Unesa akan mengirim Tim Ahli untuk merancang Kurikulum di SIJ yang lebih sesuai dengan kebutuhan sekarang dan ke depan.

Dia menegaskan, pengembangan Kurikulum itu penting dilakukan, mengingat perkembangan kemajuan Teknologi Informasi dan Dinamika Lingkungan Sekolah yang siswanya amat beragam dari berbagai Negara.

Oleh karena itu,ungkap Cak Hasan, berbagai tantangan kekinian dan ke depan baik itu dalam Scope Internal maupun Eksternal berusaha dijawab melalui pengembangan Kurikulum.

“Prinsip dalam merancang atau mengembangkan kurikulum itu tidak hanya untuk menjawab apa tantangan sekolah saat ini, tetapi juga menjawab tantangan dan memproyeksikan bagaimana anak didik mengarungi zaman ke depan,” ungkapnya.

Baca Juga: Gelar Buka Puasa Bersama, Unesa Tampilkan Berbagai Musik Bagi Mahasiswa dan Warga Setempat

Selain itu,lanjut Cak Hasan,Unesa juga bakal mengirim sejumlah Mahasiswa untuk melakukan Magang di KJRI. Tidak hanya melibatkan Mahasiswa Prodi Kependidikan saja, tetapi juga Mahasiswa Non - Kependidikan.

Dia menambahkan,bagi Mahasiswa Prodi Kependidikan nanti bisa menjadi Guru pendamping atau mengajar di sana sesuai Bidang Ilmu yang dipelajarinya.Sementara Mahasiswa Prodi Non-Kependidikan bisa menjalani Magang di Kantor KJRI, bisa di Bidang Administrasi, Manajemen, Kepenulisan, Kehumasan, hingga Teknologi Informasi.

Terlebih kata Cak Hasan,Mahasiswa yang magang di sana akan diseleksi tiap Fakultas dan akan diberi dua pilihan oleh Unesa,yakni pilihan pertama nanti akan dibiayai penuh oleh Kampus dan yang kedua sifatnya Subsidi, jadi ada hal-hal tertentu yang tidak dibiayai oleh Kampus.

Baca Juga: Unesa Gelar Buka Puasa Bersama Bagikan 1.000 Paket Makanan dan Takjil

Sementara itu,terang Cak Hasan, Magang rencananya akan dimulai pada Agustus 2024 mendatang. Mengingat tingginya peminat program ini, tidak menutup kemungkinan untuk dibuka jalur ketiga atau mandiri. Terlebih salah satu Benefit atau keuntungan Mahasiswa yang Magang di sana ialah bisa Umroh Gratis.

Tak hanya itu,imbuh Cak Hasan,disisi lain Mahasiswa juga akan didampingi oleh Dosen yang tidak hanya sekedar memonitoring kegiatan mereka, tetapi juga sekalian melakukan PKM Internasional seperti halnya merancang Kurikulum Urban.

" Dengan demikian Sumber Daya Manusia Unesa bisa terlibat secara keseluruhan dalam kerja sama tersebut," pungkas Cak Hasan. ( dji ).

Editor : Nasirudin