Partai Nonparlemen

Sepakat Bentuk Poros Baru

oleh : -
Sepakat Bentuk Poros Baru
foto istimewa

JAKARTA(Jatimupdate.id)-Tujuh partai politik (parpol) nonparlemen melakukan pertemuan hari Kamis (9/06/2022) malam. Pertemuan tersebut tidak lain membahas persiapan verifikasi partai calon peserta pemilu 2024 yang dimulai 14 Juni 2022.
Adapun ketujuh partai nonparlemen tersebut yakni Partai Berkarya, PBB, Hanura, Garuda, PSI, Perindo, dan PKP.
"Tujuh partai nonparlemen yang pada pemilu 2019 ini meraup suara 13 juta atau 9 persen suara nasional sepakat bersama untuk mempermudah verifikasi ke depan," kata Sekjen Partai Berkarya Badaruddin Andi Picunang dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/6/2022).
Pertemuan yang diinisiasi oleh Ketum Perindo Hary Tanoesoedibyo itu, sepakat bersama-sama untuk bentuk poros baru pada Pemilu 2024 bila dibutuhkan. "Kita akan komunikasikan ke ketum masing-masing untuk tidak lanjutnya, termasuk rutinitas pertemuan jelang tahapan verifikasi dan pemilu ke depan," ujar Badaruddin. Badaruddin mengatakan bahwa Partai Berkarya di bawah kepemimpinan Muchdi PR selaku ketum mendorong dan sepakat sepenuhnya atas langkah-langkah yang dibentuk ini.
"In Shaa Allah kita usaha dan saling mendoakan untuk lolos jadi peserta Pemilu 2024 dan masing-masing punya kursi di DPR dan DPRD," ujarnya.

Meski tidak memiliki kader di Senayan karena tidak memenuhi ambang batas parlemen (parliamentary threshold), keberadaan tujuh partai politik peserta Pemilu 2019 ini layak diperhitungan dalam upaya pembentukan koalisi. Gabungan suara nasional milik Partai Perindo (2,67 persen), Partai Berkarya (2,09 persen), PSI (1,89 persen), Partai Hanura (1,54 persen), PBB (0,79 persen), Partai Garuda (0,50 persen), dan PKPI (0,22 persen), cukup menarik. Total perolehan 7 parpol tersebut mencapai 9,7 persen, setara perolehan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Pemilu 2019, yakni 9,69 persen suara nasional. (Yok)