Dampak Gempa, Dua Rumah Di Surabaya Rusak Berat

Reporter : -
Dampak Gempa, Dua Rumah Di Surabaya Rusak Berat
rumah korban gempa

Surabaya, JatimUPdate.id,- Dampak Gempa, Dua Rumah Di Surabaya Rusak Berat. Sebanyak dua rumah di Surabaya, Jawa Timur ambruk, usai gempa beruntun yang berpusat diperairan Tuban, Jawa Timur, Jumat (22/3/2024).

Selain itu, dua orang dilaporkan mengalami luka akibat peristiwa tersebut. Satu rumah ambruk berada di Jalan Ngaglik, Tambaksari. Terlihat atap bagian depan bangunan tersebut runtuh sampai mengenai penutup saluran air.

Baca Juga: Komisi C: Pembangunan RS Surabaya Timur Harus Tahan Gempa

Eni, warga Jalan Ngaglik, Surabaya menceritakan ketika itu, dia tengah berjualan takjil di depan rumah tetangganya. "Saya jualan, terus ada gempa, goyang semua. Orang-orang semuanya lari, aku sempat bingung, ini kenapa?" kata Eni.

Eni sempat tertimpa atap bagian depan bangunan yang ambruk tersebut. Namun, dia tetap melanjutkan berjualan takjil. "Kaki dua ini kejatuhan tembok itu (menunjuk atap), dibantuin sama warga sini tadi. Enggak parah, ini bisa jualan lagi," jelasnya.

Baca Juga: Pemprov Jatim Bantu Rekonstruksi Bangunan Terdampak Gempa Tuban-Bawean

Sementara itu, Kepala BPBD Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro mengatakan, ada dua rumah yang roboh di Surabaya, Jawa Timur. Selain di Jalan Ngaglik, rumah lainya yang juga roboh berada di Jalan Tambak Adi, Tambaksari. Bangunan tersebut tidak ditempati oleh pemiliknya. "Rumah roboh ada di Ngaglik, dan di Tambak Adi, sementara kami masih merekap kerusakan-kerusakan. Yang parah di Tambak Adi ini," kata Hebi.

Hebi mengungkapkan, ambruknya tembok rumah tersebut menimpa seorang perempuan pengendara sepeda motor. Saat ini, korban sudah dilarikan ke rumah sakit sekitar lokasi. "Iya kejatuhan, mungkin kena genting, sudah dievakuasi ke rumah sakit, kurang tahu rumah sakit mana dan detailnya seperti apa, belum ada laporan ke saya," jelasnya.

Baca Juga: Lepas Bantuan Pemprov Jatim ke Pulau Bawean, Pj. Gubernur Adhy Pastikan Kebutuhan Dasar Terpenuhi

Hebi mengimbau agar masyarakat tetap tenang dengan terjadinya gempa tersebut. Namun, warga harus terus waspada dan menghindari bangunan berbahaya.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur menginformasikan bahwa telah terjadi Gempa Bumi - 132 km Timur Laut Tuban dengan kekuatan 6.0 SR. Gempa dirasakan warga Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Blitar, Madiun, Bojonegoro, malang, Pacitan, Bangkalan, Pamekasan, Kediri. (NT)

Editor : Nasirudin