Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine Peringati Nuzulul Qur’an

Reporter : -
Bupati Blitar Hadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine Peringati Nuzulul Qur’an
Ket. Foto : Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah menghadiri Gebyar Sekolah Sak Ngajine memperingati Nuzulul Qur’an

Blitar, JatimUPdate.id,-  Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah menghadiri acara Gebyar Sekolah Sak Ngajine Memperingati Nuzulul Qur’an Dengan 1000 X Khatam Al Qur’an 1445 H/2024 M, bertempat di UPT SDN Srengat 01, Kamis 28 Maret 2024.

Turut hadir, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Adi Andaka, Pengawas dan Penilik Sekolah, Kepala Sekolah beserta para Guru dan Tenaga Kependidikan dan pelajar dari jenjang PAUD, SD dan SMP baik negeri maupun swasta se Kabupaten Blitar.

Baca Juga: Pemkab Blitar Terus Berikhtiar Kurangi Angka Kemiskinan

Mengawali sambutannya, Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1445 H/2024 M. dan Alhamdulillah, hari ini kita sudah menunaikan puasa Ramadan pada hari yang 17.

"Semoga ibadah puasa ini mampu meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, menjadikan kita semua insan yang jauh lebih bijak, lebih baik dan berakhlakul kharimah," kata Bupati.

Lanjutnya menyampaikan, setiap tanggal 17 ramadan, tepatnya hari ini, umat Islam di dunia memperingati Nuzulul Qur’an. Nuzulul Qur'an adalah peristiwa diturunkannya wahyu Allah SWT yakni Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril as secara berangsur-angsur sewaktu Nabi Muhammad SAW berusia 40 tahun ketika sedang mengasingkan diri dan berdo’a di Gua Hira.

Baca Juga: Awali Bulan April Kanwil KemenkumHam Jatim Adakan Safari Ramadhan Di Kanim Perak

Hikmah, keutamaan, kemuliaan dan keistimewaan peringatan Nuzul Qur’an antara lain, memahami sejarah dan peristiwa turunnya Al-Qur’an, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan Peringatan Nuzulul Qur’an ini adalah sarana efektif menjaga kemurnian serta kesucian Al-Qur’an.

"Karena Al Quran mengandung isyarat-isyarat tentang ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta ayat-ayat alam (kauniyah) yang dapat dijadikan motivasi dan inspirasi dalam berbagai kehidupan, baik sosial, teknik maupun genetika." Jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rini Syarifah mengajak masyarakat menjadikan peringatan Nuzulul Quran sebagai momentum untuk memperbaiki interaksi dengan Al Qur’an, meningkatkan kualitas interaksi dengan kitab suci, bukan hanya sekedar membacanya pada tingkat aspek ibadah.

Baca Juga: Bupati Blitar Bersama PT. KAI dan Dishub Jatim Resmikan Palang Pintu dan Pos Jaga Perlintasan KA

"Tetapi juga harus direnungkan dan mengaplikasikan nilai-nilai universal dari Al Qur’an sebagai pandangan hidup, sebagai petunjuk arah perjalanan bangsa ini. Termasuk dalam panjenengan semua menuntun anak-anak didik, agar tumbuh menjadi anak yang sholeh sholekha, berkarakter, dan berdaya saing." katanya.

Terakhir, Bupati juga berpesan, seluruh program yang telah dijalankan untuk mewujudkan generasi berakhlakul karimah dan berkualitas harus terus dimaksimalkan. Terus dorong anak-anak bukan hanya belajar tentang ilmu pengetahuan namun juga agama. Keduanya harus berjalan seimbang. (Adv/Kmf)

Editor : Advertorial