Deretan Cawagub Potensial Khofifah di Pilgub Jatim ARCI: Emil Hingga Bayu Airlangga

Reporter : -
Deretan Cawagub Potensial Khofifah di Pilgub Jatim ARCI: Emil Hingga Bayu Airlangga
Ketua Projo Jatim Bayu Airlangga sebagai Cawagub Jatim

Surabaya, JatimUPdate.id, - Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis peta terbaru elektabilitas sejumlah nama yang masuk bursa cawagub di Pilgub Jatim 2024.

Direktur ARCI Baihaki Sirajt menyebut nama yang masuk bursa cawagub Jatim dengan elektabilitas tertinggi ialah Emil Elestianto Dardak (dalam simulasi 7 nama tertutup).

Baca Juga: Raih Citra Baik dari Survey Kompas, DPD RI Siap Lanjutkan Amanat Rakyat

"Emil tertinggi di antara nama-nama lain yang masuk bursa Cawagub Jatim 2024," kata Baihaki, Kamis (28/3/2024).

Dalam survei ARCI, elektabilitas Emil di angka 35,4% sebagai Cawagub Jatim 2024. Disusul Bupati Sumenep Ahmad Fauzi 19,2%, Bupati Bojonegoro 2018-2023 Anna Muawana 13,7%.

Kemudian ada nama Menpan RB Azwar Anas 12,3%, Mantan Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono 7,4%, Sri Rahayu (Anggota DPR RI PDIP) 5,7%, dan Ketua DPD Pro Jokowi (Projo) Jatim Bayu Airlangga 4,2%.

Baihaki menyebut cawagub paling ideal untuk Khofifah di Pilgub Jatim 2024 ialah Emil Dardak. Namun, jika Emil menjadi menteri maka ada sejumlah nama yang berpotensi sebagai wakil Khofifah mulai Fauzi hingga Bayu Airlangga.

Baca Juga: DPD Partai Demokrat Jatim Sembelih 15 Hewan Kurban pada Hari Kedua Idul Adha

"Achmad Fauzi berhasil memimpin Sumenep dan bisa mengentaskan kemiskinan di wilayah tersebut,” tambahnya.

Lalu, kata Baihaki, Khofifah jika membutuhkan sosok muda dan energik bisa memilih Ketua Projo Jatim Bayu Airlangga sebagai Cawagub Jatim.

"Bayu kita tahu sebagai Ketua Projo Jatim juga memberi sumbangsih dalam pemenangan Prabowo-Gibran di wilayah Mataraman. Bayu sosok muda, jika Khofifah membutuhkan wakil muda dan energik, Bayu Airlangga tersedia," jelasnya.

Baca Juga: Anggota KPU Jember Baru Terima Warisan Masalah 

"Apalagi, di belakang Bayu ada sosok Pakde Karwo. Saya kira Bayu bisa jadi alternatif yang bisa diterima semua partai pengusung Khofifah. Namun, kita semua harus menunggu dulu ke mana Emil akan berlabuh untuk karir politiknya ke depan," tandas Baihaki.

Survei ARCI dilakukan pada 15-23 Maret 2024 dengan jumlah 1.200 responden. Survei ARCI menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Survei ARCI memiliki margin of error di angka 2,8% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Sebanyak 25% kuisioner dilakukan quality control.(DPR) 

Editor : Redaksi