Gelar Demoday, ITS Pertemukan Startup Inovatif dengan Investor

oleh : -
Gelar Demoday, ITS Pertemukan Startup Inovatif dengan Investor
Gelar Demoday, ITS Pertemukan Startup Inovatif dengan Investor

Surabaya (Jatimupdate.id) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya akan menyelenggarakan Startup Demoday 2022. Pada acara tersebut akan dipertemukan startup inovatif dengan calon investor. Sebelas startup terpilih dari Inkubator dan Layanan Bisnis Inovatif (ILBI) ITS akan dipromosikan dalam gelaran demoday pada 15 Juni 2022 mendatang, di Hotel Swiss Bellin Manyar, Surabaya. Hal ini merupakan rangkaian acara dari program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti), ungkap Baroto, Manajer Senior ILBI ITS.

Demoday adalah pentas presentasi bagi para startup untuk memperkenalkan produknya dan untuk mempertemukan para startup dengan calon investor, yang biasanya diadakan pada tiap akhir masa inkubasi. Machsus, Manajer Senior Akses Permodalan DIKST (Direktorat Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi) ITS menegaskan bahwa demoday ini merupakan kesempatan emas bagi founder startup untuk mengenalkan produknya dan bertemu dengan para calon investor. Lebih lanjut, dalam ajang demoday diharapkan terjalin business matching diantara startup dengan investor, terkait akses permodalan, akses pemasaran, dan/atau potensi sinergi bisnis lainnya, ujarnya.

Tiga Startup ITS yang mendapat pendanaan dari CPPBT, antara lain: SFPS, Tridiku, dan Lobstion. Namun tak hanya itu, Inkubator ITS juga memberikan kesempatan bagi startup lainnya yang ingin unjuk gigi di depan calon investor, seperti CoFilm, CastForm, Tradeco, Cekka Studio, Kebon.ID, HOMEi, WeListen, dan Manufaktur Energi Nusantara (MEN).

Para startup ini nantinya akan mempresentasikan pitch deck mereka dan memamerkan prototipe-nya di hadapan para juri dan calon investor. Berbagai pengusaha, asosiasi, instansi kedinasan, komunitas inkubator, dan industri terkait telah diundang untuk memeriahkan acara tersebut. Seperti Founder Quarto Group, Direktur Utama Teluk Lamong, Jatim Ventura, CEO Cak Eko Group, Pengusaha Tambak Udang Sidoarjo, Direktur Utama PDAM Surabaya, Kadin Jatim, HIPMI Jatim, komunitas inkubator, dan masih banyak lagi.

Acara ini juga akan dihadiri oleh Wakil Rektor ITS Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian, Bambang Pramujati, PhD; Direktur dan Wakil Direktur Inovasi dan Kawasan Sains Teknologi (DIKST), Agus Muhammad Hatta, Ph.D, dan Dr.Eng Kriyo Sambodho; Manager Senior Inkubator, Baroto Tavip Indrojarwo, M.Si.; Manager Senior Unit Akses Permodalan dan Kealumnian, Dr. Machsus; Para Coach Startup CPPBT, hingga unsur Ikatan Alumni ITS.

Selain Demoday, juga akan ada Talkshow bertajuk, “Investasi Startup Inovatif”, dalam agenda ini. ITS menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Arief Wisnu Cahyono selaku Direktur Utama PDAM Surabaya, Agus Widodo Mardijuwono dari Jatim Ventura, Henky Eko Sriyantono, CEO Cak Eko Group, yang merupakan owner Ikiloh Roti dan Bakso Cak Eko, serta Direktur Utama Teluk Lamong, Faruq Hidayat.