BNI Boyong Produk UMKM ke Singapura

Reporter : -
BNI Boyong Produk UMKM ke Singapura
Pembukaan Indonesia in SG yang dilakukan Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo didampingi Direktur Retail Banking BNI Corina Leyla Karnelie, Selasa (17/04/2024), di Orchard, Singapura.

Jakarta,JatimUPdate.id-Bank BNI berkolaborasi dengan KedutaanBesar Republik Inndonesia (KBRI) Singapura dan Bank Indonesia menyelenggarakan pameran "Indonesia in SG - New Horizon of Sustainable Indonesia" di Ngee Ann City/Takashimaya, Orchard, Singapura, mulai 17-21 April mendatang.

Acara ini menampilkan berbagai gelaran dan penampilan seni serta budaya Indonesia, termasuk pertunjukan musik, fashion show, demo wastra, workshop batik, cooking demo, dan pameran dagang B2C yang memamerkan lebih dari 20 brand fashion terbaik dari Indonesia, serta lebih dari 15 produk unggulan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terpilih.

Baca Juga: UMKM Kopi Binaan Xpora Dobrak Pasar AS

Adapun kali ini, BNI melalui Xpora turut berpartisipasi dalam even ini dengan mengirimkan tujuh produk dan pelaku UMKM dari kategori fashion dan fashion accessories.

Dalam siaran pernya BNI pada Kamis (18/04/2024), produk UMKM binaan Xpora yang diberangkatkan ini terdiri dari beragam kategori, antara lain sepatu, tas, fashion accessories, gift, dan perhiasan yang berasal dari Bandung, Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya.

Produk yang diikutsertakan dalam even ini telah melalui kurasi oleh kurator asal Singapura yaitu Creativeans dan BridgifyAsia. Kurasi terhadap produk yang dikirimkan ini mempertimbangkan beberapa hal yang menjadi poin penilaian, tentunya yang disesuaikan dengan pasar Singapura.

Duta Besar Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo mengapresiasi inisiatif BNI dalam mendukung UMKM Indonesia untuk menembus pasar internasional, khususnya Singapura. Menurut Tomi panggilan akrab Suryo Pratomo, BNI melalui Xpora telah memberikan kemudahan bagi para UMKM lokal Indonesia untuk memasarkan produknya kepada diaspora Indonesia dan masyarakat Singapura.

Baca Juga: BNI Exporters Forum Bantu UMKM Dobrak Pasar Amerika

"Tentunya sebagai bank BUMN dengan mandat Go Global, BNI menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi nasional dengan meningkatkan kapabilitas UMKM agar dapat bersaing dengan produk asing di luar negeri," ujar Tomi mantan Pemimpin Redaksi Harian Kompas.

Sementara itu, Direktur Retail Banking BNI Corina Leyla Karnalies dalam sambutannya mengatkan, BNI berkomitmen untuk senantiasa mendukung UMKM Indonesia dalam meningkatkan daya saing sehingga dapat menembus pasar global.

"Even ini merupakan salah satu upaya BNI untuk mendukung UMKM Indonesia dalam menembus pasar global. Kami yakin, produk-produk ini akan menarik minat para pengunjung dan membuka peluang bisnis baru bagi para UMKM Indonesia," kata Corina.

Baca Juga: BNI Exporters Forum Dukung UMKM Tembus Pasar Global

Dengan rata-rata jumlah pengunjung Ngee Ann/Takashimaya yang cukup menjanjikan, yaitu sekitar 73.000 wisatawan per hari kerja dan 91.000 pengunjung per hari di akhir pekan, even ini diharapkan dapat menarik setidaknya 210.000 tamu selama penyelenggaraan even berlangsung.

Selain pameran dagang, even tersebut juga akan menampilkan promosi pariwisata dalam bentuk pengalaman virtual reality. Tak lupa pada even ini juga akan menampilkan beberapa jenis kuliner makanan dan minuman terbaik Indonesia. "Dengan berpartisipasi pada event ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat memanfaatkan peluang untuk memperoleh pengalaman baru, wawasan pasar di Singapura, trend produk di Singapura, bertemu potensial buyer yang nantinya dapat meningkatkan transaksi ekspor produk Indonesia," ungkap Corina. (Dan)

Editor : Yoyok Ajar