Berkat Komitmen dan Kerja Keras, Unesa Berhasil Raih 3 Capaian Terbaik

Reporter : -
Berkat Komitmen dan Kerja Keras, Unesa Berhasil Raih 3 Capaian Terbaik
Ket Foto:- Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes

Surabaya, JatimUPdate.id,- Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya patut diacungi jempol. Pasalnya,dari komitmen dan hasil kerja keras kampus ‘Rumah Para Juara’ tersebut, Unesa memiliki tren positif dalam setiap pemeringkatan Dunia yang diikuti.

Selain menjadi Perguruan Tinggi Negeri kelas Dunia atau World Class University. Beberapa hasil tren positif yang pernah diraih Unesa,seperti dalam SCImago Institution Ranking (SIR) by Subject 2024.Berdasarkan rilisnya pada April 2024, Unesa berhasil meraih 3 (tiga) Capaian Subyek terbaik dengan mengungguli sejumlah Universitas lain.

Baca Juga: Ajang Asean University Games XXI 2024, Kontingen Mahasiswa Unesa Raih Medali Terbanyak

Hal tersebut disampaikan Prof. Nadi Suprapto, Ph.D., selaku Direktur Inovasi Pemeringkatan dan Publikasi Ilmiah mengatakan, dari 3 capaian yang di raih Unesa, yakni :

Pertama, Bidang Earth and Planetary Sciences menempati peringkat 5 (lima) Nasional dan peringkat 782 dunia.

Kedua, Bidang pendidikan,Unesa menempati peringkat 10 pada tingkat Nasional dan peringkat 501+ dunia.

Ketiga, Bidang Energi,Unesa menempati peringkat 11 pada tingkat Nasional.

Selain itu,kata Prof.Nadi Suprapto, Unesa juga termasuk dalam 20 besar Universitas terbaik di Indonesia dan peringkat 1400 + di dunia pada kategori Fisika dan Astronomi.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Pemeringkatan, Publikasi, dan Science Center, Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd menambahkan,capaian ini berdasarkan penilaian pada sejumlah indikator yang merefleksikan karakteristik Saintifik, Ekonomi, dan Sosial yang ada di Unesa.

Dia menilai, capaian prestasi ini menjadi pemantik sekaligus bahan evaluasi bagi seluruh civitas academika Unesa untuk terus berbenah dalam memperkuat tridarma dan program internasionalisasi menuju world class university.

Baca Juga: Perkuat Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Unesa Gelar JWG XII

“Capaian ini akan menjadi kerangka dasar dalam penyusunan strategi internasionalisasi Unesa serta target penguatan Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi (IKU PTN),” katanya.

Hal senada disampaikan Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes, bahwa capaian ini merupakan bentuk komitmen dan kerja sama seluruh jajaran dalam menunjukkan kinerja terbaik dalam memperkuat program internasionalisasi Unesa.

“Ini harus jadi semangat bersama untuk terus hadirkan terobosan dan perkuat mutu di semua aspek,” ujar pria yang kerap disapa Cak Hasan, Kamis (18/4/2024).

Oleh karena itu,imbuh Cak Hasan,Unesa terus selalu berkomitmen untuk aktif dalam seluruh pemeringkatan dunia.

Baca Juga: Unesa Pecahkan Rekor Muri Gagas SGI Diikuti 2.000 Guru Se - Kota Surabaya

Sebab,terang Cak Hasan, pemeringkatan SIR ini merupakan salah satu pemeringkatan pasif tanpa unggah data khusus.

Dijelaskan Cak Hasan, SIR berbeda dengan QS maupun THE, dimana Institusi mensubmit data dan mengikuti sejumlah aktivitas termasuk survey terkait Academic Reputation dan Employer Reputation.

Cak Hasan kembali menegaskan, bahwa pemeringkatan SIR tersebut didasarkan pada 3 indikator utama, yakni Research (bobot 50%) Innovation (bobot 30%) dan Societal (bobot 20%).

“Semoga tren ini bisa dipertahankan, bahkan bisa naik peringkatnya,” demikian Cak Hasan. (dji)

Editor : Nasirudin