Capres dan Cawapres 2024

PKS Bantah Condong ke Anies

oleh : -
PKS Bantah Condong ke Anies

Jakarta (Jatimupdate.id)-Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Al-Habsyi mengatakan bahwa PKS masih terbuka kepada siapa saja tokoh calon presiden (capres) untuk didukung Pilpres 2024. Menurut Aboe, PKS membantah jika dinilai orang cenderung mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres. "PKS wait and see sampai sekarang. Kita tunggu sampai ada perkembangan yang menarik. Enggak (cenderung mendukung Anies) enggak ada, enggak ada," kata Aboe dalam wawancara yang dikutip dari YouTube Tribun Network, Senin (13/6/2022).
Kendati begitu, Aboe tak menampik bahwa PKS memang dekat dengan Anies Baswedan. Tak hanya kepada Anies, PKS juga berkomunikasi dengan tokoh lain. "Kita komunikasi komunikasi. Komunikasi dengan ini ketemu, dengan ini ketemu, ketemu semua pak. Ya tidak harus dipublish," ujar dia.

Aboe juga menyampaikan, terkait Pilpres 2024, sikap PKS sama seperti pesan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu ojo kesusu (agar tidak terburu-buru). PKS menilai, diperlukan perhitungan yang matang dalam menentukan calon yang diusung dalam pilpres. "Bukan kalimat benar dan tidak benar, semua bisa jadi benar dan bisa jadi tidak benar. Tetapi akan hitung dengan baik. Jadi ojo kesusu. Jadi Pak Jokowi mau kasih standar pada kita menyiapkan itu ojo kesusu," kata dia.
Sebeumnya Koalisi Semut Merah (PKB dan PKS) pun memamerkan bakal capres dan cawapres yang hendak diusung, yakni Ketua Umum (Ketum) PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Duet Cak Imin-Anies diunggah Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid di akun Instagram pribadinya. Dilihat detikcom di akun @jazilulfawaid_real, Minggu (12/6/2022), terlihat foto Cak Imin disandingkan dengan foto Anies.
"Bersatu untuk umat. Capres dan cawapres 2024. Koalisi Semut Merah," demikian tulisan di foto itu.
Jazilul mengatakan unggahannya merupakan sebuah tanda. Dia berharap keduanya berjodoh maju di Pilpres 2024. "Tanda-tanda, semoga berjodoh," kata Jazilul,
Meski begitu, Jazilul menyebut pihaknya belum melakukan pertemuan khusus dengan Anies terkait manuver 2024. Dia mengatakan tak ingin terburu-buru. "Ya ketemu biasa, belum spesifik," kata dia. (Yok)