Tinggal Hitung Hari,Ujian Test UTBK 2024 di Unesa Bakal Digelar 

Reporter : -
Tinggal Hitung Hari,Ujian Test UTBK 2024 di Unesa Bakal Digelar 
Test UTBK Unesa Bakal Digelar

SurabayaJatimUPdate.id - Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) bakal menggelar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2024.

Sesuai jadwal, tes untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tersebut akan digelar tanggal 30 April dan tanggal 2 hingga 7 Mei 2024 yang digelar untuk Gelombang pertama. 

Baca Juga: Unesa Kukuhkan 1.506 Wisudawan

Sedangkan pada Gelombang kedua dimulai pada tanggal 14 hingga 20 Mei 2024. 

UTBK ini digelar di sejumlah Perguruan Tinggi, salah satunya Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang tahun ini dipilih sebanyak 23.719 peserta sebagai lokasi tes. Jumlah peserta yang memilih kampus ‘Rumah Para Juara’ untuk tes UTBK tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya di angka 23.252 peserta. 

Hal tersebut disampaikan Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa, Dr. Sukarmin, M.Pd.,bahwa Unesa menjadi salah satu tempat tes favorit bagi peserta UTBK. Jumlah peserta tes di Unesa meningkat.Bahkan datang dari berbagai daerah seluruh Indonesia. 

“Peserta terbanyak memang dari Jawa Timur. Ada peserta yang dari Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Sumatera, Riau, Sulawesi, Aceh hingga Papua yang akan tes di Uneaa. Jumlah yang luar biasa, kami kelola tes ini dengan baik agar peserta bisa tes dengan nyaman dan lancar," kata Sukarmin dalam keterangan siaran pers.Kamis (25/4/2024 ).

Siapkan Total 1.098 Unit Komputer

Sementara itu Kasubdit Infrastruktur dan Teknologi Informatika, dan Pusat Data, I Gusti Lanang Putra Eka Prismana, menjelaskan, berbagai persiapan sudah dilakukan untuk menyambut pelaksanaan UTBK. 

Dari aspek infrastruktur jaringan, sudah dilakukan pengecekan secara fisik untuk memastikan semuanya aman. Begitupun dengan komputer. Total komputer yang disiapkan sebanyak 990 unit komputer utama plus 108 unit komputer cadangan.Teemasuk sistem operasi hingga software tesnya pun sudah dipastikan berjalan dengan baik. 

Sebelumnya,kata I Gusti, pada Kamis dan Jumat pekan lalu, sudah dilakukan uji coba nasional sistem UTBK dan semuanya lancar," terangnya.

Selain persiapan secara internal, Unesa juga berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Pertama, Polsek Lakarsantri untuk mengamankan dan memastikan lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan di sekitar area kampus. 

Kedua,masih kata I Gusti, PLN untuk memastikan kelancaran pasokan listrik selama pelaksanaan UTBK. Jaringan listrik dibuat jalur yang berbeda untuk UTBK, guna mengantisipasi hal-hal yang mengganggu kelancaran tes. 

Ketiga, lanjut I Gusti, penyedia layanan internet untuk memastikan ketersediaan jaringan lancar dan tidak ada hambatan. 

Baca Juga: Ajang Asean University Games XXI 2024, Kontingen Mahasiswa Unesa Raih Medali Terbanyak

"Kami sudah meminta penyedia layanan untuk membuat jaringan internet lebih dari dua jalur sebagai backup ketika jalur utama ada kendala," tandasnya.

Di luar itu, imbuh U Gusti,Unesa juga mengarahkan tim internal dari petugas keamanan, relawan SMCC, dan yang tak kalah penting yaitu teknisi ruangan dan pengawas yang akan membantu peserta ketika terjadi kendala-kendala teknis. 

Lokasi Tes 

Direktur Humas dan Informasi Publik, Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., MA., menambahkan, tes UTBK di UNESA dilaksanakan di dua kampus. Pertama, di Kampus 1 Ketintang dengan kuota peserta setiap sesi sekitar 505 peserta. Kedua, di Kampus 2 Lidah Wetan dengan 425 peserta. 

Dia menghimbau seluruh peserta untuk melakukan cek lokasi tes dengan dengan orientasi virtual melalui Google Map dan merencanakan perjalanan dengan estimasi yang tepat. 

Sangat disarankan peserta untuk datang langsung cek lokasi, ruangan, gedung, dan tempat atau nomor duduk. Peserta bisa mengecek lokasi mulai Jumat, 26 April 2024. 

Pengecekan lokasi ini penting dilakukan, baik bagi peserta asli Surabaya maupun di luar daerah. Kasus keterlambatan peserta UTBK sebelumnya banyak disebabkan salah lokasi atau salah kampus. 

Baca Juga: Perkuat Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Unesa Gelar JWG XII

"Harusnya tempat tesnya di Kampus 2, tetapi datangnya malah di Kampus 1. Padahal, jarak antara kampus 1 dan kampus 2 itu lumayan jauh. Makanya cek dulu lokasi tes untuk menghindari risiko keterlambatan," tukasnya. 

Perlu Disiapkan

Disisi lain menurut Vinda Maya, Pihaknya menyarankan bagi para peserta di harapkan datang lebih awal,atau dengan jadwal satu jam sebelumnya sudah masuk ruangan tes.Hal ini mengantisipasi supaya tidak terburu-buru dan bisa menenangkan diri sebelum tes berlangsung. 

Vinda menegaskan, saat datang ikut tes, peserta harus membawa kartu peserta UTBK dan dokumen peserta yakni fotocopy ijazah terlegalisir untuk lulusan 2022 dan 2023, atau surat keterangan lulus yang dikeluarkan sekolah bagi lulusan 2024. 

Menurut Vinda,surat keterangan ini harus ada foto yang sama dengan foto kartu peserta UTBK dan cap atau stempel resmi sekolah.

 "Jangan lupa siapkan diri, latihan jawab soal rutin, siapkan dokumen yang dibutuhkan, dan berdoa. Semoga hasilnya maksimal," demikian Vinda. 

Editor : Nasirudin