Gelar Silaturahmi Bersama PTN se-Indonesia

Unesa Gagas Strategi Pengelolaan Pendidikan Di Indonesia

Reporter : -
Unesa Gagas Strategi Pengelolaan Pendidikan Di Indonesia
Rektor Unesa Prof.Dr.Nurhasan,M.Kes

Surabaya, JatimUPdate.id,- Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menjadi tuan rumah atas terselenggaranya Forum Komunikasi Rektor Senior Perguruan Tinggi Negeri Indonesia, Sabtu (27/4/2024).

Bertempat di Gedung Rektorat Kampus 2 Lidah Wetan,kegiatan tahunan tersebut dihadiri Rektor Unesa Prof.Dr.Nurhasan,M.Kes,serta seluruh jajaran Rektor Senior se-Indonesia.

Baca Juga: Unesa Gembleng 100 Siswa SMKN 3 Probolinggo Jadi Podcaster Andal

Pada kesempatan ini,Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. mengatakan,kegiatan Forum Rektor Senior ini adalah yang kali keduanya digelar, setelah tahun lalu diselenggarakan di Universitas Trisakti Jakarta.

Menurut Cak Hasan,sapaan akrab Rektor Unesa Prof.Dr.Nurhasan, M.Kes,kegiatan Forum ini sebagai tempat ajang bersilaturahmi bersama seluruh Rektor Perguruan Tinggi Negeri sekaligus memiliki kiat dalam membangun pengetahuan yang lebih luas bagi masyarakat,terutama generasi muda.

"Kegiatan Forum ini sebagai wadah untuk mempererat tali silaturahmi dan komunikasi para rektor senior PTN seluruh Indonesia. Dan, memiliki peran strategis untuk memberikan masukan pokok-pokok pemikiran strategis kepada pemerintah khususnya terkait pengelolaan pendidikan tinggi di Indonesia, dalam upaya menyiapkan SDM unggul," kata Cak Hasan dalam sambutannya, Jumat (27/4/2024).

Kata Cak Hasan, melalui forum ini dapat menjadi penguatan bagi para rektor yang saat ini menahkodai Perguruan Tinggi.

Baca Juga: Berstatus PTNBH, Rektor Unesa Pastikan Tidak Ada Kenaikan Biaya UKT

Sementara itu, Cak Hasan juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran Rektor PTN se-Indonesia, Pasalnya, Unesa telah dipercaya menjadi Nahkoda dalam pertemuan rapat tersebut.

"Sebagai tuan rumah, kami menyampaikan terima kasih. Sungguh sebuah kehormatan bagi keluarga besar Unesa mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah forum terhormat ini," tandas Cak Hasan.

Ditempat yang sama,Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), Prof. Ganefri, Ph.D., menilai,bahwa forum Rektor Senior ini penting untuk memberikan sumbangsih pemikiran atau saran terkait isu-isu di dunia pendidikan belakangan ini.

Baca Juga: Terserang DBD,Pria Bernama Razzaq Semangat Ikuti Test UTBK di Unesa

"Keberadaan kita hari ini memiliki tanggung jawab yang semakin besar, sebab banyak isu-isu strategis yang perlu dibenahi bersama di perguruan tinggi. Dengan kolaborasi yang terus diperkuat lewat forum ini, tantangan bisa kita hadapi dengan baik dan inovatif,” pintah Ganeftri.

Dia mengungkapkan,meskipun para Rektor memiliki gagasan dan konsep yang cemerlang untuk masa depan pendidikan bangsa,setidaknya masih diperlukan kontribusi dari berbagai pihak tak terkecuali perguruan tinggi untuk memberikan perkembangan pendidikan yang lebih baik di Indonesia.

Untuk informasi,kegiatan ini dihadiri jajaran pengurus MRPTNI, rektor senior se-Indonesia, MWA (Majelis Wali Amanat), SAU (Senat Akademik Universitas), wakil rektor dan dekan selingkung Unesa l, pengurus DWP Unesa, dan para tamu undangan lainnya. (Dji)

Editor : Nasirudin