Tes UBTK di Unesa diikuti sejumlah Disabilitas

Reporter : -
Tes UBTK di Unesa diikuti sejumlah Disabilitas
Prof.Dr.Madlazim ( kiri ),Kasubdit Infrastruktur dan Teknologi Informatika,dan Pusat,I Gusti Lanang Putra.EP,S.Kom,M.Kom, ( kanan ),Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa, Dr.Sukarmin ( tengah )

Surabaya,JatimUPdate.id, - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Training Center,Lantai 4 Gedung Rektorat,Kampus 2 Lidah Wetan,Surabaya,Kamis (2/5/2024).

Pada tes UBTK sesi 3 tersebut, diikuti sebanyak 9 peserta dari disabilitas yang terlihat optimis dan antusias.

Baca Juga: Setelah Bertemu Jokowi, Nadiem Umumkan UKT Batal Naik Tahun Ini

" Sesi disabilitas ini diikuti 2 peserta tunanetra dan 7 peserta tunadaksa. Tes ini kita fokuskan ke satu tempat yaitu di Rektorat untuk memudahkan peserta. Untuk di Surabaya, sesi disabilitas hanya ada di Unesa," kata Wakil Rektor 1 Unesa, Prof. Dr. Madlazim, M.Si,saat ditemui sejumlah awak media Surabaya,Kamis ( 2/5/2024 ).

Tak hanya itu,Guru besar FMIPA yang memimpin Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan alumni tersebut menambahkan, bahwa tes UTBK sesi khusus disabilitas ini merupakan komitmen untuk memberikan akses dan kesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi kepada semua,termasuk disabilitas maupun yang non-disabilitas.

"Jadi tidak ada diskriminasi, semua kami berikan kesempatan dan siapkan fasilitas ramah disabilitas. Selain disiapkan pengawas dan pendamping dari unsur dosen dan mahasiswa PLB juga dari SMCC untuk masing-masing peserta, juga disiapkan alat-alat khusus," terangnya.

Sementara ditempat yang sama, Kasubdit Infrastruktur dan Teknologi Informatika, dan Pusat Data, I Gusti Lanang Putra Eka Prismana, S.Kom., M.Kom mengungkapkan,dari aspek persiapan untuk sesi disabilitas hampir sama dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Unesa Gembleng 100 Siswa SMKN 3 Probolinggo Jadi Podcaster Andal

Dari sisi aplikasi,kata I Gusti, disiapkan teknologi NVDA (Non-Visual Desktop Access) untuk membantu peserta tunanetra dalam membaca serta memahami teks soal.Teks yang ada di layar ditransformasikan menjadi suara.

Selain itu,lanjut I Gusti,juga diberikan kemudahan bagi Disabilitas dengan memberikan bantuan berupa Reglet dari Pusat.

Dr.Sukarmin,M.Pd, selaku Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa menilai,bahwa pelaksanaan tes UTBK di Unesa sejak hari pertama secara umum berjalan lancar. Termasuk untuk sesi khusus disabilitas.

Baca Juga: Berstatus PTNBH, Rektor Unesa Pastikan Tidak Ada Kenaikan Biaya UKT

"Komitmen UNESA yaitu memberikan kesempatan dan memfasilitasi peserta disabilitas dan nondisabilitas melalui sejumlah persiapan, sehingga peserta disabilitas bisa menjalani tes dengan nyaman dan lancar," tandasnya.

Dr.Sukarmin menambahkan,komitmen Unesa pada disabilitas tidak hanya pada pelaksanaan UTBK.Namun,dengan melalui pembukaan jalur penerimaan disabilitas pada jalur mandiri. Peserta yang misalnya belum berhasil di jalur UTBK, bisa menggunakan nilai UTBK-nya untuk mendaftar di jalur mandiri kategori disabilitas atau jalur nontes disabilitas.(dji) 

Editor : Nasirudin