Pj Gubernur Jawa Timur Hadiri Penyerahan LHP BPK: Raih Opini WTP Kedua Berturut-turut

Reporter : -
Pj Gubernur Jawa Timur Hadiri Penyerahan LHP BPK: Raih Opini WTP Kedua Berturut-turut
Kepada Daerah di Jawa timur saat menghadiri penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pengawas Keuangan (BPK) untuk Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Kamis (2/5/2024)

Sidoarjo, JatimUPdate.id,- Gedung BPK Jawa Timur, Sidoarjo, menjadi saksi dari momen penting ketika Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, turut menyaksikan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pengawas Keuangan (BPK) untuk Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Provinsi beserta 38 Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur berhasil meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2023, untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

Penyerahan Opini WTP LHP BPK atas LKPD 2023 dilakukan secara serentak kepada Kabupaten/Kota di Auditorium Kantor BPK Perwakilan Jawa Timur. Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Timur, Karyadi, secara simbolis menyerahkan LHP BPK kepada 37 Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur. Sementara itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kota Madiun telah menerima penyerahan sebelumnya.

Baca Juga: Pj. Gubernur Adhy: Penguat Spirit Toleransi dan Moderasi di Bumi Majapahit

Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, yang turut hadir dalam acara tersebut, menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas kekompakan semua entitas yang terlibat. Menurutnya, prestasi ini mencerminkan bahwa Laporan Keuangan di Jawa Timur disajikan secara wajar, akurat, tepat waktu, relevan, dan dipercaya.

"Ini kali kedua bagi Jawa Timur hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan dari seluruh entitas, baik provinsi maupun 38 Kabupaten/Kota, sudah dua kali berturut-turut WTP semuanya. Ini sebuah prestasi, kompak semuanya WTP. Penyajiannya juga tepat dan bisa dipertanggungjawabkan," ujar Adhy.

Pencapaian Opini WTP ini menjadi bukti nyata akan komitmen dan kualitas pengelolaan keuangan daerah di Jawa Timur, yang tidak hanya dapat memberikan rasa percaya kepada publik tetapi juga menjadi dorongan untuk terus meningkatkan kinerja ke depannya. Keberhasilan ini juga menjadi motivasi bagi seluruh entitas di Jawa Timur untuk terus menjaga integritas dan transparansi dalam mengelola keuangan publik.

Pentingnya Transparansi

Baca Juga: Pj. Gubernur Adhy Optimis Realisasi PMA Jatim Semakin Meningkat

Pj. Gubernur Adhy Karyono menegaskan bahwa seluruh laporan keuangan di Jawa Timur telah memenuhi syarat akuntabel dan transparan. Dalam acara penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pengawas Keuangan (BPK) untuk Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Adhy menyampaikan harapannya agar capaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dapat terus dipertahankan, baik oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun oleh seluruh Kabupaten/Kota di wilayah tersebut.

Adhy juga menekankan pentingnya implementasi laporan keuangan terhadap dampak bagi masyarakat. Ia menegaskan bahwa transparansi dalam laporan keuangan harus dapat dilihat dari dampaknya langsung kepada masyarakat, terutama melalui indikator-indikator seperti perekonomian di masyarakat.

Tak hanya mengapresiasi capaian Opini WTP, Adhy juga menyoroti pentingnya tindak lanjut atas rekomendasi yang disampaikan dalam LHP BPK. Ia menekankan bahwa temuan-temuan harus segera ditindaklanjuti dalam waktu yang telah ditentukan, dengan memberikan waktu 60 hari serta tambahan 30 hari jika tidak ada tindak lanjut.

Baca Juga: Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono Hadiri West Sumatera Investment Forum 2024

Adhy menyampaikan terima kasih atas kerjasama seluruh Kepala Daerah dan jajaran, serta kepada BPK RI dan BPK Jawa Timur atas binaannya yang baik. Ia juga mengucapkan terima kasih khusus kepada BPK Jawa Timur atas rekomendasi terkait Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang akan diajukan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sementara itu, Anggota V BPK RI Dr. Ir. H. Ahmadi Noor Supit juga memberikan apresiasinya kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur hingga Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur atas raihan Opini WTP dua tahun berturut-turut. Noor Supit berpesan agar prestasi ini bisa terus dijaga dan mengharapkan agar Jawa Timur menjadi barometer bagi wilayah lainnya di Indonesia dalam hal penyajian Laporan Keuangan.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Timur, Karyadi, mengucapkan selamat atas prestasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan seluruh Kabupaten/Kota di dalamnya. Ia mengingatkan seluruh kepala daerah untuk segera menindaklanjuti rekomendasi yang telah tercantum dalam masing-masing LHP.(YH/NT)

Editor : Yuris P Hidayat