14.516 calon mahasiswa Ikuti UTBK Di Unair

Reporter : -
14.516 calon mahasiswa Ikuti UTBK Di Unair
Peserta Ujian Tulis Berbasis Computer (UTBK) di Universitas Airlangga Surabaya yang dimulai 2 mei 2024

Surabaya, JatimUPdate.id,- Universitas Airlangga (Unair) telah memulai pelaksanaan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) untuk tahun 2024. Sebanyak 14.516 calon mahasiswa mengikuti UTBK di Unair, yang telah menyiapkan sejumlah fasilitas terbaik untuk memastikan kenyamanan seluruh peserta.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Unair, Prof. Bambang Sektiari Lukiswanto, Drh DEA, menjelaskan bahwa lokasi UTBK tersebar di tiga kampus, yaitu Kampus Dharmahusada A, Kampus Dharmawangsa B, dan Kampus MERR C. UTBK di Unair akan dilaksanakan dalam dua gelombang, dengan gelombang pertama pada 30 April 2024 dan 2-7 Mei 2024, serta gelombang kedua pada 14-15 Mei 2024.

Baca Juga: Pj. Gubernur Jatim Berangkatkan Ribuan Peserta Surabaya Medic Air Run 2024

“Terdapat peningkatan jumlah pendaftar untuk Vokasi dalam UTBK kali ini. Peserta dapat memilih maksimal empat prodi, dengan dua di antaranya harus vokasi, program studi D3 atau D4,” ujarnya.

Melalui saluran daring Zoom, Rektor Unair, Dr. Mohammad Nasih SE MT Ak, menjelaskan tentang sistem penilaian UTBK tahun ini yang melibatkan pembobotan. Hal ini menyebabkan perbedaan penilaian pada setiap soal. Prof. Nasih menegaskan bahwa pembobotan dalam sistem UTBK memiliki nilai yang berbeda-beda berdasarkan tingkat kesulitan dari setiap soal.

Baca Juga: KKP Sosialisasikan Pengendalian Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut

“Sistem pembobotan ini penting untuk dipahami agar tidak terjadi kesalahpahaman di antara peserta UTBK. Nilai peserta bisa berbeda meskipun jumlah soal yang benar sama, bergantung pada tingkat kesulitan soal,” ungkapnya.

Prof. Nasih menekankan bahwa UTBK harus berjalan dengan adil dan tanpa kecurangan. Unair telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi untuk mencegah kecurangan selama pelaksanaan UTBK. Ia menegaskan bahwa Unair selalu berkomitmen untuk menjaga integritas dan kredibilitas pelaksanaan UTBK.

Baca Juga: Berstatus PTNBH, Rektor Unesa Pastikan Tidak Ada Kenaikan Biaya UKT

“Tidak boleh ada peserta yang merampas hak peserta lain karena kecurangan. Kami akan selalu memastikan agar UTBK berjalan dengan jujur dan adil,” tegasnya.

Pelaksanaan UTBK di Unair diharapkan dapat memberikan kesempatan yang setara bagi semua peserta dan menjaga integritas serta kredibilitas proses seleksi mahasiswa baru.

Editor : Nasirudin