Pesan Dewan Pers Untuk wartawan Lulus UKW

Reporter : -
Pesan Dewan Pers Untuk wartawan Lulus UKW
Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu

Surabaya, JatimUPdate.id- Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, hadir dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Dewan Pers.

Acara yang berlangsung di Hotel Oakwood Jalan Kertajaya Indah Timur, Surabaya, selama dua hari pada Jumat-Sabtu (3-4 Mei)

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Pendidikan, MKKS SMA Negeri di Surabaya Silaturahmi ke PWI Jatim

Ninik menegaskan tujuan dari UKW ini adalah untuk meningkatkan profesionalitas wartawan. Beliau menggarisbawahi pentingnya UKW sebagai landasan legalitas untuk menguji kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan seorang wartawan, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas berita dalam era informasi yang riuh.

Ninik juga menyoroti pentingnya perlindungan terhadap wartawan, baik secara hukum maupun nasibnya secara keseluruhan. Dewan Pers telah mengeluarkan peraturan yang mengatur perlindungan ini, termasuk jaminan kesehatan dan kesejahteraan.

Baca Juga: PWI Jatim Target 10 Medali Emas di Porwanas Kalsel 2024

Dalam UKW kali ini, dari 138 peserta, hampir 100 persen dianggap kompeten. Namun, Ninik menekankan bahwa kompetensi bukanlah tujuan akhir, melainkan sebuah perjalanan yang membutuhkan pembelajaran terus menerus.

Menyongsong Pilakda Serentak 2024, Ninik juga mengingatkan wartawan untuk tetap menjaga independensi dan martabatnya sebagai pilar demokrasi. Dengan begitu, harapannya, berita yang disajikan kepada publik tetap akurat, independen, dan profesional.(YH) 

Baca Juga: Dewan Pers Singgung Draf RUU Penyiaran pada Rapat UNESCO di Kroasia

 

Editor : Nasirudin