Bupati Blitar Dorong Peningkatan Perhatian Pemerintah Pusat terhadap Kabupaten Blitar

Reporter : -
Bupati Blitar Dorong Peningkatan Perhatian Pemerintah Pusat terhadap Kabupaten Blitar
Bupati Blitar, Rini Syarifah

Jakarta, JatimUPdate.id,- Bupati Blitar, Rini Syarifah, kembali melakukan kunjungan kerja ke pemerintah pusat, Senin (6/5/2024). Dalam pertemuan yang dilangsungkan dengan Plt. Direktur Jenderal Tata Ruang, Ir. Gabriel Tribawa, Bupati Rini mendorong agar Kabupaten Blitar lebih diperhatikan untuk memastikan perputaran ekonomi berjalan lancar.

Didampingi oleh Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Bapak Suwito, serta segenap jajaran Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blitar, Bupati Rini memaparkan Rancangan Peraturan Bupati Blitar Tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan Garum.

Baca Juga: Bupati Blitar Rini Syarifah Tinjau Progres Pembangunan JLS

Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan ruang Wilayah Perencanaan Garum sebagai Wilayah Penyangga Kota Blitar dan Perkotaan Kanigoro. Rencana tersebut akan didukung oleh simpul transportasi regional, kegiatan komersial, industri pengolahan, serta sarana dan prasarana perkotaan yang tangguh dan berkelanjutan.

"Berkunjung ke pemerintah pusat kali ini adalah untuk memastikan bahwa Kabupaten Blitar mendapatkan perhatian yang sesuai dengan potensinya. Kami berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, dan kami memohon doa serta dukungan agar perencanaan ini dapat direalisasikan dengan baik," ungkap Bupati Rini.

Dalam paparan rapat koordinasi lintas sektor tentang Rancangan Peraturan Bupati Blitar Tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Wilayah Perencanaan Garum, Bupati Rini juga menegaskan tekadnya untuk menjadikan Kabupaten Blitar mandiri dan sejahtera, yang berlandaskan akhlak mulia.

Selanjutnya, Bupati Blitar, Rini Syarifah, melanjutkan agenda kunjungan kerjanya dengan bertemu dengan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, M.P. Pertemuan ini membahas beberapa isu penting yang ada di Kabupaten Blitar.

Baca Juga: Dikukuhkan Jadi Bunda SALUD, Bupati Blitar Ingatkan Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Usia Dini

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Rini menyampaikan beberapa hal, termasuk terkait Jalur Lintas Pantai Selatan (Pansela) serta pelaksanaan tata batasnya. Mengingat pentingnya Pansela sebagai jalur lintas yang memiliki output yang bagus, Bupati Rini menyatakan komitmennya untuk menyelesaikan isu ini dengan sebaik mungkin.

"Saya berharap kita dapat bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan terkait Jalur Lintas Pantai Selatan ini. Hal ini sangat penting untuk memastikan kelancaran aktivitas lintas di wilayah Kabupaten Blitar," ungkap Bupati Rini.

Selain itu, Bupati Rini juga memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan produk lokal unggulan Kabupaten Blitar, yaitu batik Cakra Palah. Sebagai bentuk upaya untuk memperluas jangkauan pasar produk-produk lokal, Bupati Rini memberikan cindera mata berupa batik Cakra Palah kepada Dr. Hanif Faisol Nurofiq.

Baca Juga: Berangkatkan Perwakilan Kades ke Istora Senayan Jakarta, Bupati Blitar Pesankan Ini

"Dengan memperkenalkan batik Cakra Palah, kami berharap produk lokal kami semakin dikenal secara luas, tidak hanya di Jawa Timur tetapi juga di tingkat nasional," tambah Bupati Rini.

Kunjungan kerja ini menunjukkan komitmen Bupati Rini dalam memperjuangkan kepentingan dan potensi Kabupaten Blitar di tingkat nasional, serta menjalin kerjasama yang baik dengan pihak-pihak terkait untuk kemajuan daerah. (RR)

Editor : Nasirudin