Ulama dan Forkopimda Harus Bersinergi untuk Sukseskan Pilkada 2024

Reporter : -
Ulama dan Forkopimda Harus Bersinergi untuk Sukseskan Pilkada 2024
Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono bersama Pj. Ketua PWNU Jatim, KH Abdul Hakim dalam acara Halal Bihalal yang diselenggarakan di Kantor PWNU Jatim, Selasa (7/5/2024)

Surabaya, JatimUPdate.id,- Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, mengajak ulama dan Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) untuk berkolaborasi dan bersinergi bersama pemerintah guna menyukseskan gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada November 2024 mendatang. Ajakan ini disampaikan Adhy dalam acara Halal Bihalal yang diselenggarakan di Kantor PWNU Jatim, Selasa (7/5/2024).

"Di wilayah keagamaan, PWNU bisa memberikan pengaruh yang positif kepada seluruh umat Islam agar Pilkada November 2024 berjalan dengan aman dan lancar," ujar Adhy.

Baca Juga: Pj. Gubernur Adhy: Penguat Spirit Toleransi dan Moderasi di Bumi Majapahit

Adhy juga menegaskan peran strategis jajaran Forkopimda dalam menyukseskan Pilkada 2024, mengingat kinerja TNI/POLRI beserta jajaran telah terbukti sukses dalam mengamankan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) di Jawa Timur pada Februari lalu.

"Kami yakin dengan formasi dan strategi yang diterapkan jajaran Forkopimda ketika Pemilu sebelumnya, Pilkada akan berlangsung secara kondusif," katanya.

Lebih lanjut, Adhy menekankan pentingnya sinergitas dan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU), dan Forkopimda untuk menjaga kebersamaan dan membangun Jawa Timur.

Baca Juga: DPP PKS Resmi Berikan Dukungan Untuk Khofifah-Emil di Pilkada Jatim 2024

Capaian prestasi yang diraih melalui sinergitas dan kolaborasi tersebut bukan hanya memperkuat Jawa Timur dari berbagai sektor, tetapi juga membuahkan sederet prestasi, seperti penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai pemerintah yang berkinerja sangat baik tahun 2023.

"Tidak hanya itu, dimensi kesalehan sosial juga menjadi salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU). Capaian Indeks Kesalehan Sosial (IKS) Jatim terus meningkat, mencerminkan kultur religius yang melekat di Jatim," tambahnya.

Pj. Ketua PWNU Jatim, Abdul Hakim, menyambut baik halal bihalal tersebut sebagai upaya untuk menyatukan pemikiran antara pemerintah dan ulama dalam menjaga persatuan dan kesatuan negara Indonesia yang kondusif, adil, dan makmur.

Baca Juga: Pj. Gubernur Adhy Optimis Realisasi PMA Jatim Semakin Meningkat

"Terima kasih kehadiran para pejabat di lingkungan pemerintah. Semoga, sinergitas dan kolaborasi yang sudah terjalin terus dipertahankan demi menjaga kesatuan Negara Indonesia, khususnya di wilayah Jatim," tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Rafael Granada Baay, Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jatim Anik Maslachah beserta Perangkat Daerah Provinsi Jatim.(YH/NT)

Editor : Yuris P Hidayat