Desa Sawentar Gelar Seminar Nasional dan Workshop tentang Literasi Digital Pemberdayaan Masyarakat

Reporter : -
Desa Sawentar Gelar Seminar Nasional dan Workshop tentang Literasi Digital Pemberdayaan Masyarakat
Bupati Blitar, Rini Syarifah

Blitar, JatimUPdate.id,- Desa Sawentar, yang terletak di Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, menggelar Seminar Nasional dan Workshop dengan tema "Literasi Digital dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Transformasi Pemanfaatan Platform Digital". Acara ini dihadiri oleh Bupati Blitar, Rini Syarifah, pada Rabu, (8/5/Mei 2024).

Salah satu konsep pengembangan desa yang cocok untuk era sekarang adalah konsep Desa Cerdas. Desa Cerdas adalah konsep pengembangan desa yang memanfaatkan teknologi untuk pelayanan publik dan pengembangan kawasan, termasuk infrastruktur, teknologi informasi, komunikasi, transportasi, zonasi, irigasi, drainase, dan energi.

Baca Juga: Hadiri Panen Raya Tebang Tebu di Desa Ngembul, Bupati Blitar Apresiasi Kerja Keras Para Petani

"Desa Cerdas merupakan transformasi desa melalui pemanfaatan teknologi digital, ruang digital desa secara berkelanjutan, dan data terintegrasi dalam membangun dan meningkatkan kualitas pemanfaatan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat desa," ujar Bupati Rini Syarifah.

Desa Sawentar telah memulai langkah untuk mengimplementasikan konsep Desa Cerdas dengan melakukan pemutakhiran data mikro yang terkait dengan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. Mereka membangun aplikasi database SITAKRO.COM bersama Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Blitar.

Baca Juga: Hadiri Acara Petik Laut di Pantai Jolosutro, Bupati Blitar Ajak Jaga Kelestarian Alam

"Dengan pemutakhiran data di desa, secara otomatis data ke atas akan tersusun dengan baik. Hal ini merupakan langkah awal dalam menghadirkan pelayanan publik yang lebih efisien dan efektif bagi masyarakat desa," tambah Bupati Rini.

Seminar Nasional dan Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat desa dalam memanfaatkan platform digital untuk memperkuat pemberdayaan dan pembangunan desa. Peserta seminar dan workshop terdiri dari tokoh masyarakat, perangkat desa, pemuda, dan perwakilan dari berbagai organisasi kemasyarakatan.

Baca Juga: Bupati Blitar Sampaikan Penjelasan KUA PPAS Tahun 2025 di Rapat Paripurna DPRD

"Kami berharap acara ini dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya literasi digital dalam mengoptimalkan potensi desa dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat," tutup Bupati Rini.(RR)

Editor : Nasirudin