16 Sekolah di Kabupaten Pasuruan Meraih Predikat Sekolah Adiwiyata

Reporter : -
16 Sekolah di Kabupaten Pasuruan Meraih Predikat Sekolah Adiwiyata
Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Pasuruan, Andriyanto

Pasuruan, JatimUPdate.id,- Prestasi gemilang kembali diraih oleh 16 sekolah di Kabupaten Pasuruan yang berhasil meraih predikat sebagai Sekolah Adiwiyata. Bagi Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Pasuruan, Andriyanto, hal ini merupakan hasil dari perjuangan, kerja keras, dan kerja cerdas seluruh penghuni sekolah, mulai dari kepala sekolah, guru, siswa, hingga lingkungan sekitar yang turut berperan dalam menciptakan budaya cinta pada lingkungan.

Andriyanto menyampaikan kebahagiannya terkait prestasi ini pada hari ini, Selasa (14/5/2024), "Alhamdulillah kepada Bapak dan Ibu Guru serta para orang tua, saya ucapkan selamat. Khususnya kepada 16 sekolah yang meraih predikat sebagai Sekolah Adiwiyata, baik nasional maupun mandiri."

Baca Juga: Mengantar Anak Bangsa di Pasuruan Menjadi Sarjana

Dari 16 sekolah tersebut, 4 di antaranya meraih predikat Sekolah Adiwiyata Mandiri, antara lain SMPN 2 Pandaan, SMPN 1 Gondang Wetan, SMPN 2 Gondang Wetan, dan SMPN 2 Beji. Sementara 12 sekolah lainnya berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata Nasional. Di antaranya, SDN Gambiran 1 Prigen, SMPN 1 Bangil, SMPN 2 Bangil, SMPN 1 Nguling, SMPN 1 Purwodadi, SMPN 1 Purwosari, SMPN 1 Sukorejo, SMPN 2 Grati, SMPN 2 Kejayan, MAN 1 Pasuruan, SMAN 1 Pandaan, serta SMAN 1 Purwosari.

Baca Juga: Kalaksa BPBD Jatim Kunjungi Dan Serahkan Bantuan Untuk Warga Terdampak Banjir Kabupaten Pasuruan

Prestasi ini didasarkan pada Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI nomor 6721 dan Nomor 6722 tahun 2024 tertanggal 30 April 2024.

Dengan semakin banyaknya sekolah yang meraih predikat Adiwiyata, Andriyanto menitipkan pesan agar prestasi ini tetap dipertahankan dan bahkan dapat diteruskan kepada sekolah lain yang menjadi binaannya.

Baca Juga: Selamatkan Lingkungan, Pj Bupati Pasuruan Ajak Kadin Menanam Pohon 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan, Taufiqul Ghoni, menambahkan bahwa setiap tahun pihaknya terus membina dan mendampingi sekolah-sekolah yang memiliki komitmen untuk menjadi sekolah Adiwiyata. "Mulai dari tingkat kabupaten, kemudian menuju Provinsi, nasional, sampai mandiri, kita terus lakukan pendampingan kepada sekolah-sekolah yang memiliki komitmen tinggi untuk menjadi sekolah berbudaya lingkungan," ucapnya.(YH/NT)

Editor : Yuris P Hidayat