Achmad Faiz Afrizal dan Refa Reghina Fahira Juara I Putra dan Putri Duta GenRe Nganjuk 2024

Reporter : -
Achmad Faiz Afrizal dan Refa Reghina Fahira Juara I Putra dan Putri Duta GenRe Nganjuk 2024
Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Tahun 2024 di Pendopo K.R.T Sosro Koesoemo

Nganjuk, JatimUPdate.id,- Dalam rangka menjaring generasi-generasi emas yang berencana, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Nganjuk menggelar Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Tahun 2024. Acara ini berlangsung di Pendopo K.R.T Sosro Koesoemo dan dihadiri oleh Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, yang memberikan arahan kepada para peserta.

Setelah melalui tahap seleksi yang ketat, Achmad Faiz Afrizal berhasil meraih gelar Juara I Putra, sementara Refa Reghina Fahira dinobatkan sebagai Juara I Putri Duta GenRe Kabupaten Nganjuk 2024. Sebelumnya, 20 calon Duta GenRe terpilih telah mengikuti pembekalan selama dua hari pada 6-7 Mei 2024 di Aula Dinas PPKB Kabupaten Nganjuk.

Baca Juga: Melihat Peluang Marhaen Djumadi di Pilkada Nganjuk 2024 Setelah Rencana Koalisi PDIP-PKB

Dalam sambutannya, Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, menekankan pentingnya peran Duta GenRe dalam pembentukan karakter generasi muda yang hebat, sehat, berprestasi, dan berakhlak mulia. "Duta GenRe diharapkan bisa menjadi ujung tombak dalam menyampaikan pesan-pesan pemerintah kepada para remaja, khususnya dalam hal perencanaan yang matang dalam setiap aspek kehidupan," ujar Sri Handoko.

Kepala Dinas PPKB, Nafhan Tohawi, melalui Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana Muda, Yudiani, mengungkapkan bahwa ajang pemilihan Duta GenRe Kabupaten Nganjuk telah berlangsung sejak tahun 2016. "Sejauh ini, Duta GenRe sudah satu dekade, dan Alhamdulillah seiring berkembangnya era, pemilihan Duta GenRe semakin semarak dan membuming hingga saat ini tahun 2024," kata Yudiani.

Baca Juga: Masif Lakukan Pencegahan, Pj Gubernur Adhy: Angka Perkawinan Anak di Jatim Terus Turun Signifikan

Proses pemilihan Duta GenRe 2024 melibatkan berbagai kriteria, termasuk usia 16-21 tahun, prestasi akademik dan non-akademik, serta keterampilan hidup. Para calon Duta GenRe juga menerima berbagai materi penting, termasuk kesehatan reproduksi, konseling sebaya, public speaking, dan delapan fungsi keluarga. Mereka juga diwajibkan membuat program-program yang berkaitan dengan penurunan angka stunting di Kabupaten Nganjuk dan mempresentasikannya di depan juri.

Yudiani menjelaskan bahwa tugas Duta GenRe terpilih adalah menyebarkan semangat generasi berencana, meraih pendidikan setinggi-tingginya sebelum berumah tangga, dan menjadi role model bagi remaja lainnya. "Mereka juga harus menyampaikan dan menjalankan program-program BKKBN serta membantu Dinas PPKB dalam upaya menekan angka stunting dan kepadatan penduduk," tambahnya.

Baca Juga: Polres Nganjuk Lakukan Tes Urin Acak Sopir Angkutan Umum, Upaya Jaga Keselamatan Penumpang

Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, menutup acara dengan harapan agar generasi muda di Kabupaten Nganjuk mampu merencanakan kehidupannya dengan baik, menekan angka stunting, dan menciptakan keluarga yang berkualitas sesuai dengan slogan BKKBN, "Dua anak lebih baik."

Pemilihan Duta GenRe ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para remaja di Kabupaten Nganjuk, membantu mereka merencanakan masa depan dengan lebih baik, dan berkontribusi dalam menciptakan generasi emas yang berencana dan berprestasi.(YC)

Editor : Yuyung CY