Pemkab Blitar Berkomitmen Atasi Masalah Pengangguran

Reporter : -
Pemkab Blitar Berkomitmen Atasi Masalah Pengangguran
Ket. Foto: Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah membuka Job Fair Tahun 2024

Blitar,JatimUpdate.id,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar berkomitmen untuk terus berupaya dalam mengatasi permasalahan pengangguran.

Hal itu disampaikan Bupati Blitar Hj. Rini Syarifah saat membuka Job Fair Tahun 2024, bertempat di SMK Kademangan, Kamis 30 Mei 2024.

Baca Juga: Bupati Blitar Rini Syarifah Tinjau Progres Pembangunan JLS

Bupati Rini Syarifah mengungkapkan, tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Tahun 2023 Kabupaten Blitar dapat ditekan dari 5,45% ke 4,91%. Meskipun dibawah Provinsi Jawa Timur sebesar 4,88%, namun lebih baik dibanding TPT nasional sebesar 5,32 %.

Menurutnya, tingginya angka pengangguran disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: Pertumbuhan angkatan kerja yang tidak seimbang dengan lapangan pekerjaan yang tersedia, Keterampilan dan kualifikasi pencari kerja yang tidak sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri, Minimnya informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia.

Baca Juga: Dikukuhkan Jadi Bunda SALUD, Bupati Blitar Ingatkan Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Usia Dini

Ia menambahkan, Job Fair/Bursa Kerja ini merupakan wadah yang mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Diharapkan melalui kegiatan ini, para pencari kerja dapat memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia, serta dapat mengikuti proses seleksi dan rekruitmen di perusahaan-perusahaan tersebut.

"Saya berharap, kepada para pencari kerja, agar dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Ikutilah proses seleksi dan rekruitmen dengan sungguh-sungguh, dan tunjukkan kemampuan terbaik Anda." Imbuhnya.

Baca Juga: Berangkatkan Perwakilan Kades ke Istora Senayan Jakarta, Bupati Blitar Pesankan Ini

Sambung Bupati, sementara untuk para perusahaan, saya menyampaikan terima kasih atas partisipasinya dalam Job Fair/Bursa Kerja ini. Saya berharap, melalui kegiatan ini, perusahaan-perusahaan dapat menemukan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan. (Rd)

Editor : Anang AF