Upacara Budaya Grebeg Pancasila di Kota Blitar Berlangsung Khidmat

Reporter : -
Upacara Budaya Grebeg Pancasila di Kota Blitar Berlangsung Khidmat
Ket. Foto : Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd memimpin Upacara Budaya Grebeg Pancasila

Kota Blitar, JatimUpdate.id – Upacara Budaya Grebeg Pancasila, dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar di Aloon-aloon Kota Blitar, Sabtu 01 Juni 2024 berlangsung dengan khidmat.

Upacara yang diikuti seluruh ASN Pemkot Blitar, pelajar dan warga masyarakat itu langsung dipimpin Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd dan dihadiri Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga: DPRD Kota Blitar Gelar Rapat Paripurna, Ini Agendanya

Wali Kota Santoso mengungkapkan, Kota Blitar memiliki nilai istimewa dan berbeda dengan daerah lainnya, karena di Kota Blitar inilah tokoh penggali Pancasila sekaligus proklamator dan Presiden pertama RI yaitu Bung Karno disemayamkan.

"Kota Blitar juga memiliki nilai istimewa karena memiliki sejarah erat dengan lahirnya Kepres No. 24 tahun 2016 tentang Hari Lahirnya Pancasila dan diperingati secara nasional," jelas Santoso dalam pidatonya.

Melalui perjuangan panjang, para tokoh-tokoh masyarakat Kota Blitar, para seniman, budayawan dan akhirnya aspirasi masyarakat Kota Blitar, alhamdulillah dapat diterima dan tepatnya 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila yang diperingati oleh seluruh bangsa Indonesia.

Baca Juga: Harga Cabe Rawit Merah di Kota Blitar Hari Ini Merangkak Naik, Selisih Rp2 Ribu dari Kemarin

"Tahun ini peringatan Hari Lahir Pancasila mengangkat tema 'Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045", tema ini sangat relevan dengan realitas kebhinnekaan yang memerlukan semangat persatuan dan kesatuan bangsa," katanya.

Sambungnya, dengan semangat Pancasila kita harus optimis bisa mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045 yakni menjadikan Indonesia sebagai negara maju dengan perekonomian yang kuat, keadilan sosial yang merata dan juga masyarakat yang sejahtera.

"Pancasila juga kita harapkan sebagai jiwa pemersatu disaat kita semua menyongsong pemilihan kepala daerah secara serentak," imbuhnya.

Baca Juga: Harga Daging Ayam Ras di Kota Blitar Alami Penurunan, Segini Perkilogramnya

Lebih lanjut, disampaikannya, peringatan Hari Lahir Pancasila harus dijadikan momentum bagi kita semua, seluruh aparatur pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda dan seluruh masyarakat Kota Blitar untuk menghadirkan nilai-nilai Pancasila secara nyata dalam kehidupan kita.

"Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, semoga Pancasila selalu berada dalam jiwa kita semua," pungkasnya. (Rd)

Editor : Redaksi