Solidnya Forkopimda Kota Blitar Gelar Panen Padi Sehat dan Adat Methik Pari

Reporter : -
Solidnya Forkopimda Kota Blitar Gelar Panen Padi Sehat dan Adat Methik Pari
Ket. Foto : Forkopimda Kota Blitar Gelar Panen Padi Sehat dan Adat Methik Pari

Blitar,JatimUpdate.id,- Dalam rangka untuk mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan di wilayah, Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Hendra Sukmana bersama Forkopimda Kota Blitar, pagi ini melaksanakan kegiatan panen padi sehat dan adat methik pari Kota Blitar 2024 yang dipimpin oleh Walikota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd., di areal sawah kelompok tani (Poktan) barat makam Jl. Kelud Kelurahan Klampok Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, Minggu (2/6/2024).

Kegiatan ini, merupakan bagian dari upaya memperkuat ketahanan pangan di wilayah tersebut dan sebagai bentuk keterlibatan aktif dari aparat terkait dalam memajukan sektor pertanian.

Baca Juga: Fraksi PDIP: Biaya Pendidikan Mahal, Bupati Blitar: Pemkab Sediakan Berbagai Fasilitas

Dandim 0808 dan Forkopimda Kota Blitar turun langsung ke sawah untuk bergotong-royong dalam kegiatan panen padi sehat. Selama kegiatan berlangsung, mereka juga melaksanakan adat methik pari, sebuah tradisi lokal yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah.

Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk mendukung program ketahanan pangan, tetapi juga sebagai upaya untuk merawat dan melestarikan adat dan budaya setempat.

Baca Juga: Begini Jawaban Bupati Blitar Soal Rendahnya PAD yang Disoroti Fraksi PDIP

Dandim 0808 disela-sela kegiatan saat dikonfirmasi menyampaikan tentang pentingnya sinergi antara semua pihak dalam mendukung program ketahanan pangan, sebagai salah satu pilar utama dalam pembangunan nasional.

Dandim juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam mengembangkan pertanian yang berkelanjutan, berkualitas dan mengedepankan teknik berkelanjutan demi mencapai kemandirian pangan.

Baca Juga: Buka Gebyar PAUD 2024, Bupati Blitar Ajak Para Orang Tua Ikut Atasi Masalah Stunting

"Dengan adanya kegiatan panen padi sehat dan adat methik pari ini, diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi masyarakat sekitar, untuk lebih peduli terhadap pembangunan pertanian yang berkelanjutan, serta memupuk semangat gotong-royong dalam memajukan sektor pertanian," tambahnya.

"Semoga dengan kerjasama yang solid dan komitmen yang kuat, program ketahanan pangan di wilayah ini dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat," tutupnya. (RD)

Editor : Anang AF