Kementerian Agama RI Gelar Sidang Isbat Penentuan Hari Raya Idul Adha Sore Ini

Reporter : -
Kementerian Agama RI Gelar Sidang Isbat Penentuan Hari Raya Idul Adha Sore Ini
sidang isbat idul fitri 2024

Jakarta, JatimUPdate.id,- Kementerian Agama Republik Indonesia akan melaksanakan sidang isbat untuk menentukan hari raya Idul Adha pada hari ini, Jumat 7 Juni 2024. Sidang tersebut digelar di Auditorium Kementerian Agama (Kemenag) dengan mengundang jajaran Komisi VIII DPR, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, dan tim hisab rukyat Kemenag.

"Sidang Isbat ini penting untuk selalu kita laksanakan, karena masyarakat menunggu pengumuman resmi dari pemerintah," ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, dilansir dari laman Kemenag. 

Baca Juga: DPD Partai Demokrat Jatim Sembelih 15 Hewan Kurban pada Hari Kedua Idul Adha

Sementara itu Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi menyatakan bahwa bulan Dzulhijjah jatuh pada Jumat 7 Juni 2024. Pengumuman tersebut disampaikan pada Kamis 6 Juni 2024, seperti dilansir dari Arab News. Mahkamah Agung menyatakan bahwa rangkaian ibadah haji akan dimulai pada 8 Dzulhijjah atau 14 Juni dan berakhir pada 12 Dzulhijjah atau 18 Juni 2024.

Dengan demikian, prosesi wukuf sebagai puncak ibadah haji akan dilaksanakan pada Sabtu 15 Juni 2024. Bagi umat muslim yang tidak menunaikan haji, Idul Adha akan dirayakan pada Ahad 16 Juni 2024 bersamaan dengan prosesi jumrah, tawaf ifadah, dan sa’i yang dilakukan oleh jamaah haji di Masjidil Haram.

Baca Juga: Diskominfo Jatim Rayakan Idul Adha 1445 H dengan Penyembelihan Hewan Kurban

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, melaporkan bahwa berdasarkan data hilal, pada hari Sidang Isbat nanti, posisi hilal telah melampaui kriteria Imkanur rukyat MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), yang mensyaratkan tinggi hilal minimal 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

“Pada 7 Juni 2024 atau 29 Dzulqa’dah 1445, di seluruh wilayah Indonesia, ketinggian hilal berada di atas ufuk antara 7° 15.82' sampai 10° 41.09'. Sudut elongasi antara 11°34.83' sampai 13°14.47'. Hal tersebut sudah memenuhi kriteria yang telah ditentukan MABIMS,” jelas Adib.

Baca Juga: Rayakan Idul Adha, Ponpes Al Ishlah Berbagi Ribuan Paket Sembako 

Sidang Isbat kali ini menjadi sangat penting karena akan menentukan kapan umat Islam di Indonesia akan melaksanakan salah satu hari raya terbesar dalam kalender Islam. Keputusan ini juga akan memastikan bahwa perayaan Idul Adha di Indonesia berjalan serentak dan sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh lembaga keagamaan.

Dengan adanya pengumuman Mahkamah Agung Kerajaan Arab Saudi dan data hilal yang telah memenuhi kriteria, diharapkan Sidang Isbat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama RI dapat berjalan lancar dan memberikan keputusan yang tepat bagi seluruh umat Muslim di Indonesia.(HN)

Editor : Nasirudin