Ketua KPU Jember Nyatakan Pasangan Bacabup Jember Jalur Independen Penuhi Syarat Administrasi

Reporter : -
Ketua KPU Jember Nyatakan Pasangan Bacabup Jember Jalur Independen Penuhi Syarat Administrasi
Keterangan Gambar: Ketua KPU Jember Dessi Anggraeni saat menerima berkas Pasangan Calon Independen

Jember,JatimUpdate.id,- Ketua KPU Jember Dessi Anggraeni, nyatakan pasangan Bacabup - Bacawabup Jember Jalur Independen  lolos Verifikasi Administrasi (Vermin), pada Selasa (18/06/2024).

"Yang bersangkutan memenuhi syarat administrasi, belum dinyatakan lolos sebagai calon perseorangan," katanya.

Baca Juga: Ini Nama 50 Anggota DPRD Jember Hasil Pemilu 2024, Yang Telah Ditetapkan KPU

Menurut Dessi, Calon perseorangan memenuhi syarat dukungan setelah diverifikasi administrasi, selanjutnya nanti akan dilakukan proses verifikasi faktual.

Sedangkan verifikasi faktual (Verfak) di nyatakan memenuhi syarat, jika pendukung yang bersangkutan, menyatakan benar mendukung.  

"Yang dikuatkan dengan bukti KTP dan form pernyataan, yang juga dinyatakan benar oleh yang pimilik KTP," jelasnya.

Tahapan verfak, kata Dessi akan di mulai pada tanggal 21 Juni 2024, dengan cara turun ke masyarakat yang namanya terdaftar sebagai pemberi dukungan.

Pernyataan Dessi menjawab kabar simpang siur lolos tidaknya Vermin Pasangan Bacabup - Bacawabup Jember Independen. 

Baca Juga: Tuding Oknum PPK Sumbersari Lakukan Pencurian Suara, Kader Partai Nasdem Protes

Sebelumnya Media ini mencoba mengkonfirmasi melalui Anggota KPU Hendra Wahyudi, yang bersangkutan melemparkannya kepada Ketua KPU Jember Dessi Anggraeni.

"Langsung kepada mbak Dessi saja, karena beliau yang pegang datanya," ujar Hendra.

Sementara, melalui pesan berantai, mengabarkan bahwa Pasangan Independen Cabup - Cawabup Jember, yakini M Jaddin Wajads (Gus Jaddin ) - Arismaya Parahita telah dinyatakan lulus Vermin, sebanyak 135.500 KTP, yang memenuhi syarat dan akan dilanjutkan verifikasi faktual.

Sedangkan, Gus Jaddin saat dikonfirmasi melalui jaringan seluler nya menjelaskan bahwa pihaknya hanya berusaha untuk memenuhi ketentuan yang berlaku.

Baca Juga: Jangan Panik, Bagi Yang Tidak Terdaftar DPT Calon Pemilih Masih Bisa Salurkan Suaranya

"Ya kita ikuti saja prosedur yang berlaku, yang penting kami berusaha memenuhi semua persyaratan yang diminta oleh KPU utk maju sebagai calon kepala daerah jalur independen," katanya.

Gus Jaddin menegaskan, dalam mengikuti Pilkada Jember 2024, melalui Independen, pihaknya berusaha agar dukungan yang ada ada, benar - benar sewajarnya.

"InsyaAllah semua upaya yang kami lakukan semaksimal mungkin benar-benar dilakukan dengan sangat natural tanpa rekayasa," pungkasnya. (MR)

Editor : Redaksi