30 PPDP Perempuan Desa Gembongan Siap Mutakhirkan Data Pemilih.

Reporter : -
30 PPDP Perempuan Desa Gembongan Siap Mutakhirkan Data Pemilih.
Keterangan Gambar: PPDP Desa Gembongan sedang melaksanakan pemutakhiran data pemilih

Blitar _ JatimUpdate.id _ PPS Desa Gembongan melantik 34 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (disingkat: PPDP) terpilih., dari total 34 orang PPDP yang ada, 30 orang diantaranya perempuan (88%) dan 4 Laki-laki (12%), bertempat di Joglo Aula Desa Gembongan, pada Senin (24/6/2024).

Ketua PPS Desa Gembongan, Dhea Alfina Damatussolah, memimpin ceremoni pelantikan dan apel siaga coklit serentak.

Baca Juga: Upacara Budaya Grebeg Pancasila di Kota Blitar Berlangsung Khidmat

Setelah melantik dan mengambil sumpah janji 34 PPDP, acara dilanjutkan dengan penyematan rompi dan topi PPDP secara simbolik. 

Dalam sambutannya, Dhea menyampaikan bahwa setelah prosesi pelantikan dan apel siaga PPDP diharapkan untuk langsung tancap gas melakukan pemutakhiran data pemilih sesuai wilayah kerja masing-masing.

Lebih lanjut, dalam sambutanny, Dhea juga menyampaikan kepada PPDP agar bekerja sesuai aturan dan sop yang berlaku. 

Selain itu dalam rangka efektifitas dan efisiensi waktu, kata kunci yang harus di ingat oleh PPDP adalah selalu tertib mengisi buku kerja dan membuat managemen waktu pelaksanaan Coklit, agar pelaksanaan pemutakhiran data pemilih di desa gembongan bisa selesai tepat waktu tetapi juga PPDP yang memiliki latar belakang pekerjaan lain juga tidak terganggu.

Dalam wawancara dengan reporter JatimUpdate, Dhea menyampaikan alasan dibalik mayoritas PPDP yang berjenis kelamin perempuan.

Baca Juga: Harga Cabe Rawit Merah di Kota Blitar Hari Ini Merangkak Naik, Selisih Rp2 Ribu dari Kemarin

"Pertama, karena yang banyak mendaftar dan lolos secara administratif adalah pendaftar perempuan, Mas. kedua, karena kerja-kerja teknis PPDP ini membutuhkan ketelatenan, ketelitian, juga yang gak kalah penting adalah kerapian juga, apalagi PPDP ini nanti akan diproyeksikan menjadi KPPS 4 saat pilkada nanti" lanjut Dhea.

Sebagai informasi, pada Pemilu Tahun 2024 yang lalu, data pemilih desa Gembongan berjumlah 9561 yang menjadikan Gembongan menjadi desa dengan pemilih terbesar kedua di kecamatan Ponggok, sebagai kecamatan yang memiliki data pemilih terbesar se-kabupaten Blitar. 

"Sehingga, kualitas data pemilih di gembongan bisa di jadikan salah satu tolak ukur keberhasilan pelaksanaan pemutakhiran data pemilih di desa lain, Mutkahir dan Berkualitas," ujarnya.

Baca Juga: Harga Daging Ayam Ras di Kota Blitar Alami Penurunan, Segini Perkilogramnya

Setelah melaksanakan apel siaga dan Bimtek PPDP, PPS dan PKD secara bersama-sama melakukan kegiatan pendampingan dan monitoring pelaksanaan Coklit yang dilakukan petugas PPDP di lapangan. 

PPS dan PKD desa Gembongan meninjau langsung proses coklit yang dilakukan oleh PPDP, Nanik Puji di rumah salah satu warga Gembongan, Wiyanto, pemilih dengan latarbelakang agama Budha.

Kegiatan coklit ini merupakan satu rangkaian kegiatan Gebyar Coklit serentak, Satu Juta Pemilih pada pemilihan Gubernur dan wakil gubernur, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, serta pemilihan Walikota dan Wakil Walikota serentak, pada 27 November 2024 yang di kumandangkan secara nasional oleh KPU RI. (Rio) 

Editor : Redaksi