Pelaksanaan Haji 2024 Berhasil, Ketua PB HMI: Berkat Kerja Keras Kemenag

Reporter : -
Pelaksanaan Haji 2024 Berhasil, Ketua PB HMI: Berkat Kerja Keras Kemenag
Keterangan Foto: Ketua PB HMI bidang Pemberdayaan Umat /Muhammad Zaris Nur Imami

JatimUpdate.id - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) mengapresiasi kerja keras Kementerian Agama (Kemenag) RI dalam menyelenggarakan ibadah haji tahun 2024 yang berjalan dengan lancar, aman, dan terkendali.

"Berkat komitmen dan kesigapan Kemenag, ratusan ribu jemaah haji dari Indonesia dapat melaksanakan ibadah haji dengan tenang dan khusyuk," kata Ketua PB HMI Bidang Pemberdayaan Umat, Muhammad Zaris Nur Imami

Baca Juga: Pelepasan Jamaah Calon Haji Asal Bawean, Begini Pesan Sekda Achmad Washil

Zaris memaparkan, ada beberapa catatan yang membuat kinerja Kemenag patut diapresiasi, pertama terkait dengan percepatan keimigrasian di tiga embarkasi besar, yaitu Jakarta, Solo, dan Surabaya, melalui program "Fast Track". Hal ini dinilai berhasil meminimalisir antrian dan memperlancar keberangkatan jemaah haji.

"Kemudian kebijakan Haji Ramah Lansia. Kemenag menunjukkan kepeduliannya terhadap jemaah haji lansia dengan menerapkan kebijakan khusus, seperti menyediakan gelang penunjuk identitas dan pendampingan ekstra," ujarnya.

Selain itu, Kemenag juga memperkenalkan skema Murur baru dalam pelaksanaan mabit di Muzdalifah, yang terbukti lebih efektif dan efisien dalam mengurai kepadatan jemaah.

Baca Juga: Kemenag Sosialisasikan Larangan Haji dan Umroh Backpacker

Zaris juga mengapreasiasi langkah Kemenag yang terus meningkatkan kualitas pelayanan haji, mulai dari akomodasi, transportasi, katering, hingga layanan kesehatan. Hal ini terlihat dari banyaknya testimoni positif dari jemaah haji.

"Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi dari seluruh jajaran Kemenag, mulai dari tingkat pusat hingga daerah. Dedikasi dan profesionalisme mereka patut menjadi contoh bagi instansi lain dalam melayani masyarakat," ujarnya.

Baca Juga: Ibadah Natal Di Jawa Timur Berjalan Aman, Damai dan Penuh Kasih

Ia berharap, Kemenag terus meningkatkan kinerjanya dan keberhasilan tahun ini dijadikan tolok ukur keberhasilan dalam penyelenggaraan ibadah haji di masa depan.

"Penyelenggaraan ibadah haji yang sukses di tahun 2024 ini menjadi bukti komitmen Kemenag RI dalam memberikan pelayanan terbaik bagi umat Islam di Indonesia khususnya serta terus berkarya dan memberikan manfaat bagi masyarakat pada umumnya," pungkasnya. (*)

Editor : Redaksi