Pemain Timnas Asal Surabaya Rachmad Irianto Jalani Wisuda Sarjana di Unesa

Reporter : -
Pemain Timnas Asal Surabaya Rachmad Irianto Jalani Wisuda Sarjana di Unesa
Ket. Foto : Rachmad Irianto saat mengikuti prosesi wisudawan di Unesa

 

Surabaya, JatimUPdate.id - Disela prosesi acara wisudawan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tampak terlihat pemain sepak bola Tim Nasional (Timnas) Indonesia, yakni Rachmat Irianto.

Baca Juga: Perkuat Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Unesa Gelar JWG XII

Pemain yang kerap disapa Rian tersebut ternyata telah ikut dalam prosesi kelulusan gelar sarjana pada studi di Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Unesa pada Kamis (11/7/2024) di Gedung Graha Unesa Kampus 2 Lidah Wetan.

Dekan FIKK, Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes., menyampaikan, bahwa tidak mudah bagi gelandang bertahan Persib Bandung itu untuk menyelesaikan tugas akhir. Semua butuh proses dan perjuangan melalui sejumlah tantangan.

Kendati begitu, Rian, masih kata Dwi Cahyo berhasil melewatinya, hal itu tidak lepas dari jam terbang yang tinggi baik di klub maupun di timnas yang membuatnya bisa melewati semua itu.

Namun, imbuh dekan FIKK, dengan usaha dari dosen terkait dan formula khusus, Rian yang merupakan lulusan S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) itu bisa lulus dengan baik.

Atas perjuangan dan prestasinya itu, Rian diganjar beasiswa S-2 dan jaminan karir sebagai dosen praktisi di kampus 'rumah para juara' setelah ia merampungkan studi magisternya.

“Karena kita butuh dosen yang betul-betul pemain sekaligus praktisi yang tidak abal-abal, jadi kalau mau passing dan nendang sudah pasti sesuai,” ucapnya.

Rian mengaku senang sekaligus lega karena telah berhasil menyelesaikan pendidikan sarjananya di Unesa.

Menurut pemain asal Persib Bandung mengaku senang atas tawaran yang diberikan Dekan dan Rektor tersebut merupakan kesempatan yang baik bagi dirinya.

Baca Juga: Unesa Pecahkan Rekor Muri Gagas SGI Diikuti 2.000 Guru Se - Kota Surabaya

“Rencananya setelah ini saya kembali ke Bandung untuk bergabung dengan klub dan memikirkan kembali tawaran pak rektor dan pak dekan FIKK,” tandasnya

Ditanya tentang obsesinya setelah menjadi sarjana, mantan pemain Persebaya Surabaya ini mengisyaratkan ingin lanjut ke jenjang S2.

"Ya, ini kesempatan buat saya dan harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan diberi kemudahan untuk bisa melanjutkan S2 di Unesa ,” katanya.

Rian menilai, tawaran beasiswa S2 dan jaminan menjadi dosen praktisi di Unesa merupakan hal yang mulia dan kesempatan emas bagi anaknya.

“Saya bangga karena ada pihak-pihak yang peduli terhadap pendidikan atlet, saya berterima kasih kepada Unesa," tuturnya.

Baca Juga: Unesa Buka Program Pelatihan Bahasa dan Budaya Jawa di Johor Malaysia

Sementara ditempat yang sama Rektor Unesa Prof Dr Nurhasan M Kes turut mengapresiasi capaian Rachmat Irianto dan berharap lahirnya Rian-Rian berikutnya.

“Harapannya ke depan ada banyak Rian-Rian yang skillnya berbeda," tandas Nurhasan.

Cak Hasan, sebutan panggilan Rektor Unesa Nurhasan juga menegaskan, selain sepak bola nantinya ada yang di bola voly, tenis, tenis meja dan cabang-cabang olahraga yang lain. Karena kami kekurangan dosen yang memiliki skill mumpuni di bidangnya untuk meningkatkan kualitas ilmu keolahrgaan dan kesehatan.

“Jadi dosennya harus mempunyai skill mumpuni level nasional. Untuk itu kami bulan Juli ini sedang melakukan rekrutmen dosen-dosen level nasional seperti panjat tebing, bahkan di bidang sport media, sport bisnis, sport low dan banyak lagi yang kita butuhkan sebagai penguatan demi kepentingan bangsa,” ungkapnya.

Editor : Redaksi